Beli paket skripsi untuk diskon hari ini
Download Skripsi Download lebih dari 3500 skripsi semua jurusan, cocok untuk referensi.

Mana Yang Lebih Baik? WordPress.org vs WordPress.com vs atau Blogspot?

Seorang blogger yang baru pasti kebingungan memilih mana untuk platform mesin blog nya, Seperti saya dulu belum tahu apa-apa mengenai hal ini dan apa perbedaanya. Mari simak sedikit penjelasan dari saya kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform wordpress.org, wordpress,com dan blogspot.

Kita lihat dari judul di atas bahwa wordpress ada dua macam yaitu wordpress.org dan wordpress.com, meskipun kedua hal tersebut namanya sama namun fungsi dan latar belakang nya beda, secara keseluruhan intinya worpdress.org merupakan platform wordpress self hosting sedangkan wordpress.com memiliki layanan hosted seperti hal nya blogspot.

Apa itu layanan blog hosted?

Logikanya seperti ini, layanan hosted itu diibaratkan kamu menyewa suatu tempat seperti hotel. Kamu hanya memiliki akses beberapa kamar saja dan tidak bisa mendapatkan kepemilikan tanah beserta sertifikat lainnya.

beda halnya dengan wordpress.org kamu benar-benar bisa memiliki 100% dengan isi-isinya.

Gimana sudah di pahami?

Kita lanjutkan penjelasan kelebihan dan kekurangan dari ketiganya:

WordPress.org

WordPress.org (Self-host) adalah layanan back-end dari WordPress. Menggunakan platform ini dibutuhkan domain dan biaya hosting untuk penyimpanan data blog/ website kita.

Kelebihan WordPress.org (self hosting):

  1. Memiliki akses penuh. Tidak seperti Blogger atau WordPress.com, Kamu memiliki hosting sendiri tetapi ini dapat menjadi buruk dan baik. Kenapa? salah satunya kamu akan memiliki banyak pekerjaan untuk menginstallnya tetapi tidak kalah bandingnya dengan lebih banyak kebebasan. Kamu dapat memilih tema atau plugin sesuai dengan keperluan kalian.
  2. Memiliki peluang yang lebih. Tetapi memiliki peluang penghasilan yang terbatas daripada kedua Blogger dan WordPress.com, tidak ada batasan (kecuali, tentu saja, legalitas).
  3. Memiliki peluang lebih banyak mendapatkan uang. Tidak hanya mendapatkan bagaimana kamu akan membuat uang dari blog tetapi kamu akan mendapatkan semuanya. Tidak perlu membagi keuntungan 50% atau dibatasi oleh iklan apa saja.
  4. Kamu memiliki blog sendiri. Ini berarti kamu mengontrol konten, mengontrol bagaimana tampilannya, mengendalikan segala sesuatu.
  5. Plugin dan tema tidak terbatas. Kamu dapat menggunakan salah satu tema dari pihak ketiga atau plugin (gratis atau berbayar).
  6. Memodifikasi semua isi wordpress.org karena bersifat open source. Kamu dapat menginstal sejumlah kode kustom termasuk javascript ke situs web.
  7. Peningkatan dukungan. Tidak hanya dukungan dari hosting yang kamu pilih melainkan dukungan dari forum-forum wordpress.org juga karena ada ribuan pengembang WordPress dan coders tersedia untuk membantu kamu di berbagai forum.

Kekurangan WordPress.org (self hosting):

  1. Tidak gratis. Selain membayar untuk nama domain, kamu juga harus membayar untuk hosting. Ini adalah biaya bulanan atau tahunan yang dapat berkisar dari $ 4 / mo ke atas (tergantung pada lalu lintas dan kebutuhan).
  2. Lebih Work. Karena kamu belum menjadi bagian dari Google atau jaringan WordPress.com ini Kamu harus bekerja sedikit lebih keras untuk membangun lalu lintas. Kamu akan ingin belajar beberapa dasar-dasar SEO terlepas dari platform kamu, tetapi itu bahkan lebih penting ketika Anda berada pada Anda sendiri. kamu juga akan bertanggung jawab untuk semua perawatan, termasuk memastikan plugin yang up-to-date.

perbedaan wordpress.org dan wordpress.com

WordPress.com

WordPress.com adalah platform wordpress gratis tanpa membutuhkan biaya hosting dan domain kecuali kalau kmau ingin menggantinya (costum domain). Kita menggunakan sub domain seperti contoh.wordpress.com.

Kelebihan WordPress.com:

  1. Gratis,seperti Blogger.
  2. Tidak ada pemeliharaan. WordPress.com menjaga semuanya dengan rapih dan up-to-date jadi kita tidak usah update lagi secara manual. So ini cocok bagi kalian yang tidak suka memodifikasi atau mengelola lebih dalam dengan sistemnya dan hanya fokus untuk berbagi artikel saja.
  3. Jaringan. Salah satu fitur terbaik dari WordPress.com adalah jaringan yang luas. Sangat mudah untuk berinteraksi dengan blog WordPress lainnya, dan blog kamu mungkin hanya mendapatkan fitur ke jutaan pembaca WordPress setiap harinya.

Kekurangan WordPress.com:

  1. Kamu tidak bisa mengontrol iklan sesuai dengan keinginan. Jika kamu berada di WordPress.com bisa menampilkan iklan tetapi tidak bisa mengelolanya lebih dalam lagi.
  2. Tidak bisa menjual ruang iklan di blog Anda. Nah, Anda dapat jika Anda memiliki setidaknya 25.000 tampilan halaman, nama domain kustom, dan Anda mengajukan permohonan untuk program iklan WordPress (tapi kemudian Anda masih tidak bisa mengontrol iklan dan Anda harus membagi pendapatan dengan WordPress).
  3. WordPress.com suatu saat bisa menutup akun tanpa pemberitahuan dulu ketika kamu ada diluar syarat dan ketentuan menggunakan layanannya.
  4. Tidak bisa mengakses root seperti self hosting.
  5. Tidak ada plugin pihak ketiga kecuali google analytic.
  6. Jumlah tema yang terbatas.

Blogspot

Blogger.com (alias Blogspot) adalah platform blogging gratis yang dimiliki oleh Google.

Kelebihan Blogspot:

  1. Hal ini dimiliki oleh Google. Karena Blogger / Blogspot dimiliki oleh Google, posting Anda mungkin untuk mendapatkan diindeks cepat dan peringkat sopan di Google.
  2. Gratis, sehingga biaya start-up hampir tidak ada. Ini adalah cara yang bagus untuk kamu yang baru memulai untuk belajar blog, itu bahkan bagaimana saya mulai blog saya. Hal ini cukup user-friendly dan mudah untuk dibuat.
  3. Blogspot dapat di andalkan banyak bloger-blogger terbaik Indonesia yang sudah sukses. Karena Google adalah hosting blog nya ada sangat sedikit kemungkinan downtime.
  4. Aman. Sekali lagi, Google tidak mungkin untuk memungkinkan resiko apapun dalam keamanan ke server. Jadi, kemungkinan blog kamu mendapatkan penyusupan dari para hacker akan minim.
  5. Kamu dapat menghasilkan uang dari blog. Blogspot bisa mengkaitkan akunnya dengan google adsense dengan tingkat yang mudah.

Kekurangan Blogspot:

  1. Kekurangannya hampir sama dengan WordPress.com karena satu jenis platform.

Selanjutnya mari bandingkan dari berbagai aspek

POPULARITAS

Berdasarkan data menunjukan bahwa WordPress.org merupakan pemimpin pasar mesin blog CMS artinya CMS paling populer saat ini dengan tingkat presentasi 26% di banding platform CMS lainnya.

perbandingan wordpress.org, wordpress.com dan blogspot

Kemudahan dalam pembuatannya

WordPress.com dan blogspot tingkat kemudahannya setara, kamu hanya cukup untuk mendaftar akun wordpress dan blogspot seperti layaknya mendaftar sosial media.

cara mudah membuat akun wordpressBerbeda dengan WordPress.org self hosting, seperti yang saya jelaskan sebelumnya untuk membuat blog wordpress.org kamu harus menyewa hosting dan domain kemudian upload file nya ke direktori hosting.

Caranya sudah saya jelaskan di cara membuat blog dan website dengan wordpress self hosting.

Kemudahan dalam penggunaanya

Menurut saya ketiganya sama saja mudah untuk digunakan cukup mempelajari dasar-dasar dari fungsi tab yang telah diberikan, hanya saja dalam dashboard yang dimiliki oleh blogspot sedikit sulit ketika pertama kali memperlajarinya karena ada menu dan tab yang belum tentu dipahami langsung. Bagi sebagian orang yang baru mengenal blogspot hal ini akan sedikit membingungkan.

blogspot vs wordpress bagus mana

Tampilan Dashboard WordPress

kelebihan dan kekurangan blogger dan wordpress

Tampilan Dashboard Blogspot

Tampilan

  1. Yang pertama menurut saya tampilan wordpress.org merupakan yang terbaik karena selain kemudahannya yaitu banyaknya template bisa ribuan yang telah disediakan, juga fleksibilitasnya pada tab bar sebelah kiri bisa menambahkan dengan plugin-plugin.
  2. Urutan kedua ditempati blogspot karena kalian bisa edit html dan css sesuai dengan keinginan meskipun blogger tidak memiliki banyak template dalam direktorinya.
  3. yang terakhir sudah pasti ditempati dengan wordpress.com, tidak bisa dirubah dan tidak fleksibel seperti blogspot dan wordpress.org

Itulah beberapa perbandingan mengenai wordpress.org, wordpress.com, dan blogspot. Saya sendiri awalnya menggunakan blogspot kemudian wordpress.com dan akhirnya sampai sekarang saya memegang worpress self hosting karena kemudahan dan fleksibilitasnya yang mampu membantu saya untuk membuat blog dan share-share artikel.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?