Beli paket skripsi untuk diskon hari ini
Download Skripsi Download lebih dari 3500 skripsi semua jurusan, cocok untuk referensi.

Ini Dia Tips dan Rahasia Menulis Artikel SEO Friendly

Selain memikirkan backlink berkualitas, pemilihan template seo friendly, dan keyword yang sering dicari pengunjung cara menulis artikel yang berkualitas pun menjadi patokan yang sangat penting bagi para blogger. Bayangkan saja jika sobat mempunyai template seo friendly 100% tetapi artikel hanya copy paste dan asal-asalan, saya yakin mesin pencara seperti google enggan menjadikan blog artikel kita berada dihalaman pertama apalagi diperingkat kesatu, disamping itu pembaca mungkin akan langsung kabur setelah menemukan artikel kita karena tidak menjadikan referensi untuk pengetahuan yang dicarinya.

rahasia menulis artikel seo friendly

Menurut saya artikel blog merupakan hal yang paling utama selain faktor-faktor yang saya sebutkan diatas. Kenapa? Diibaratkan seperti ini artikel adalah menu makan sehari-hari. Untuk memberikan badan kita tetap berstamina dan penuh tenaga makanlah yang menjadikan tenaga untuk kita beraktifitas begitu juga dengan blog selain SEO onpage dan SEO offpage kita perlu memberikan makanan untuk blog kita.

Dengan kata lain pada kata-kata saya diatas tidak menutup kemungkinan kalau seorang penulis artikel bisa saja membuat artikel yang bagus, lugas, informatif, deskriptif, motivatif, solutif, menarik tetapi belum tentu mereka bisa menulis artikel blog yang seo friendly dan berkualitas. Kenapa? karena penulis artikel tidak mengetahui dan membuat artikel yang seo friendly cukup fokus pada penulisan artikel yang berkualitas dan bermanfaat saja.

Inilah yang membedakannya dengan penulis blog, seorang blogger tidak melupakan trik dan tips artikel yang seo friendly. Penulis blog tentu saja wajib memperhatikan apa yang dicari oleh para pembaca dan memberikan pengetahuan untuk referensinya seperti memberikan solusi, inovasi, informatif, dan memegang teguh terhadap prinsip-prinsip cara penulisan sesuai algoritma mesin pencari dimana penulis blog memperjuangkan artikel berkualitas agar bisa muncul di mesin pencari seperti google. Dengan demikian kita menulis artikel tidak sia-sia. Saya rasa sobat mengerti apa yang saya lontarkan.

Baca: Cara Meningkatkan Blog dan Website di Urutan Teratas Google

lantas apa saja tips agar artikel kita seo friendly dan berkualitas sehingga berada dihalaman pertama google?

Ini dia saya berikan tips rahasia menulis artikel seo friendly

Sebelum sobat membuat artikel inilah yang harus diperhatikan agar sobat mengetahui seberapa penting dan seberapa banyak artikel sobat akan dicari oleh pengunjung, dengan begitu kita tidak akan sia-sia membuat artikel.

  • Pilihlah topik yang tepat sesuai dengan tema blog
    Pemipost alias pemilihan posting merupakan yang sangat penting sederhananya ketika sobat ingin membuat artikel yang banyak dicari orang maka sobat wajib menentukan topik yang diinginkan pembaca.
  • Melakukan cek prediksi trend saat ini
    Melakukan prediksi trend ini bisa terkait dengan apa yang sedang banyak diperbincangkan oleh orang-orang dunia maya, saya sarankan sobat mengikuti setiap trend yang sedang terjadi meski trend tersebut tidak abadi seperti permasalah yang berkaitan dengan kehidupan. Selalu ikuti trend dengan berbincang pada forum, sosial media, dll. Ini bisa membuat traffic sobat meningkat ketika para master mengetahui sobat aktif. Selain sobat memancing pengunjung dan pembaca hal ini bisa menarik perhatian mesin pencari karena blog sobat selalu diupdate dengan fresh konten dan up to date dalam menyediakan informasi kepada pembaca
  • Melakukan analisis kata kunci
    Seperti yang dijelaskan di pendahuluan saya tadi bahwa inilah perbedaan penulis artikel dengan penulis blog. Lakukan analisis kata kunci demi mengetahui apa yang harus disesuikan dengan artikel untuk siap bersaing di mesin pencari dengan pesaing-pesaing lainnya.
  • Melakukan analisis pesaing
    Ini bertujuan sebagai petunjuk bagi sobat sebelum menulis. lihat apa yang dilakukan kompetor, strategi apa yang digunakannya, bagaimana dengan artikel seperti itu bisa berada di posisi tertentu. Dalam kutip sebagai petunjuk disini bukan berarti kita copy paste dari kompetitor. Jangan sampai jika sobat ingin memiliki artikel yang berkualitas, sebagai petunjuk itu carilah kekurangan-kekurangan pada artikel yang dijadikan referensi.

Setelah sobat tahu apa yang harus dilakukan sebelum update artikel ini penjelasan tips dalam menulis blog.

  1. Rancang Judul Artikel Agar banyak dikunjungi
    Judul artikel merupakan inti dari apa yang dicari oleh pembaca, dalam mesin pencari judul mempunyai nilai yang paling signifikan daripada meta deskripsi. Sehingga harus menentukan kata kunci apa yang dicari pembaca dan buatlah judul semenarik mungkin misalnya sobat ingin membuat artikel tentang pengertian seo friendly dan tips SEO untuk blog . Sobat bisa memakai judul “Apa Itu SEO Friendly? Apa Saja Sih Tips nya, Intip Yuk?” Dengan begitu pasti pembaca penasaran apasih isinya dalam artikel tersebut. Judul ibarat kemasan kalau dalam produk. Meskipun produknya tidak terlalu bagus dengan kemasan semenarik mungkin ini akan memikat dan menarik perhatian pembaca yang sedang mencari dengan kata kuncinya.
  2. Buatlah artikel setidaknya 800 kata atau lebih.
    Sobat bingung dengan ulasan saya yang pertama ini? Apakah kurang dari 500 kata tidak bisa mendapat artikel kita nongkrong di halaman pertama SERP? Tidak juga menurut saya. Begini penjelasannya, sebenarnya dalam membuat artikel hanya satu kalimat pun tidak masalah bahkan ada yang menganjurkan minimal artikel 200 kata namun menurut saya lebih banyak lebih baik seperti slogan orang tua jaman dahulu terkait membuat anak. Eh kok malah kesana wkwk. Intinya disarankan untuk membuat artikel dengan suku kata lebih dari 800 ketika kita memiliki kosakata yang lebih banyak maka itu semakin baik untuk ditemukan di mesin pencari. Seperti yang ditemukan pada penelitian SerpIQ dan MOZ mereka menemukan bukti bahwa lebih banyak suku kata lebih banyak ditemukan mesin pencari berikut saya sertakan data statistik grafik hasil riset mereka.

    serpiq riset page rank jumlah kata dalam artikel

    Analisa data statistik jumlah suku kata dalam artikel menurut SerpIQ

    Disini bisa kita lihat data statistik penelitian oleh SerpIQ Blog bahwa peringkat yang lebih baik menunjukan suku kata yang banyak untuk ditemukan dimesin pencari google, lebih dari 2000 suku kata yang memiliki peringkat 10 besar.

    analisa moz page rank jumlah suku kata dalam artikel

    Analisa data statistik jumlah suku kata dalam artikel menurut MOZ

    Begitu juga penelitian menurut MOZ kita bisa lihat pada grafik diatas menyimpulkan bahwa semkain banyak jumlah suku kata maka semakin kecil peringkatnya. Sebaliknya jika semakin kecil suku kata maka semakin besar peringkat dimata mesin pencari. Disini bukan semakin besar peluang berada di halaman teratas google melainkan sebaliknya.
    Manfaat lainnya dengan banyaknya suku kata nanti google mengganggap bahwa artikel kita kaya akan informasi, tetapi sobat juga harus memperhatikan suku kata yang dipakai jangan sampai mengulang-ngulang kata agar jumlahnya banyak ingat bukan seperti itu.

  3. Penempatan kata kunci  dalam setiap artikel
    Selain menempatkan kata kunci di judul artikel sobat juga harus menempatkannya dalam isi artikel tersebut setidaknya dalam paragraf pertama, paragraf tengah artikel, dan paragraf terakhir artikel. Pastikan pada 150 kata paragraf awal sobat menempatkan keyword unik untuk sebagai deskripsi artikel sobat. Tetapi harus diperhatikan jangan kebanyakan mengulang kata kunci ini akan membuat artikel sobat menurun karena tidak relavan untuk dibaca dan mungkin pembaca pun risih membacanya. Selain itu mesin pencari akan menganggap bahwa artikel sobat melakukan spam keyword.
  4. Buatlah konten artikel berkualitas
    Kualitas artikel memang harus diperhatikan, biasanya inilah  ekahlian yang dimiliki oleh penulis artikel. Gunakan tata bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca, gaya bahasa tidak membosankan, gunakan tanda baca yang sesuai, dan buatlah artikel yang memberikan kesan tersendiri dan ciri khas sobat masing-masing. Sebenarnya membuat artikel yang berkualitas tidaklah mudah karena membutuhkan pengetahuan dan keahlian menulis, ide-ide kreatif, serta mengetahui cara penulisan SEO friendly.
  5. Optimalkan permalink
    Saya rasa sobat semua sudah mengetahui apa itu permalink. Gunakanlah permalink sebaik mungkin yang mengandung kata kunci artikel, hindari fungsi auto permalink dan usahakan sobat mengedit permalink tersebut jangan sampai panjang permalink melebih dari 5 suku kata. Mengedit permalink ini cukup mudah untuk blog wordpress sobat tinggal sunting dibawah judul artikel.
  6. Gunakanlah format Heading, Blog, italic, underline
    Apakah sobat menyadari artikel saya ini menggunakan semua heading. Dalam wordpress tag heading artikel memiliki 6 pemformatan, paragraf dan penajukan 1 – 6 ini semua tergantung pada template sobat. pastikan sobat menggunakan heading 1 pada judul artikel, kemudian yg lainnya menggunakan H2-H4. Biasanya untuk H3 sudah ditemukan dalam judul-judul widget sehingga sobat hanya menambahkan heading 2 dan heading 4. Lalu saya tidak menggunakan heading 5 dan 6 dikarenakan format tersebut kecil bobotnya.
    Gunakan Bold (cetak tebal), italic (cetak miring), underline (garis bawah) untuk menyesuaikan kata kunci dan otomatis memiliki penekanan kata yang dianggap penting baik untuk pembaca maupun search engine dalam mengindex artikel kita tetapi jangan sampai menggunakannya dengan berlebihan.
    Melakukan pemformatan bolg, italic, underline pada style.css tidak dianjurkan karena semua ini tidak dibaca oleh mesin pencari. Gunakanlah secara manual dalam setiap artikel. Disamping itu banyak manfaatnya menggunakan format seperti ini.
  7. Gunakanlah Internal dan Eksternal Link
    Setiap artikel saya selalu menggunakan internal ke postingan yang dianggap sesuai dengan tema artikel yang akan memiliki fungsi sebagai referensi. Mereka bisa mendapatkan informasi yang lebih mendalam mengenai topik artikel. Selain itu menggunakan referensi lain ke luar seperti wikipedia atau situs terpercaya lainnya.
    Menggunakan cara ini google sangat menghargainya karena mereka akan mengetahui artikel kita mempunyai sumber darimana saja dan menganggap bahwa situs sobat memiliki hubungan interaksi dengan situs lain. Pastikan kapan sobat harus menambahkan link nofollow dan follow ke situs lain, jika sobat tidak yakin akan kualitas yang situs tersebut gunakan nofollow.
  8. Optimasi gambar yang akan dimuat dalam artikel pada atribut ALT 
    Dalam hal ini saya anjurkan sobat memkai atribut ALT gambar yang mengandung kata kunci agar gambar tersebut tidak sia-sia diupload ke dunia maya karena mesin pencari melakukan index gambar dari sumber atribut ALT ini.
  9. Optimalkan ukuran gambar dengan metode kompress
    Gambar di kompress bertujuan untuk memperkecil size nya sehingga artikel yang diload pada situs kita lebih cepat dibanding tanpa dikompress. Sobat bisa menggunakan photoshop untuk memperkecil ukurannya atau tool online seperti tinypng.com.
  10. Berdoalah
    Tips yang terakhir dari saya berdoalah dan jangan pernah menyerah, setiap sobat menulis artikel setiap harinya saya yakin ilmu pengetahuan sobat bertambah sehingga bisa membuat artikel yang lebih berkualitas

Kesimpulan:

Itulah tips-tips dari saya untuk mengoptimalkan sebelum dan ketika akan membuat artikel yang berkualitas. Semoga penjelasan saya mengenai Rahasia Menulis Artikel SEO Friendly ini bermanfaat bagi sobat semua. Salam 🙂

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

2 Comments

Ada yang ingin ditanyakan?