Pengertian WordPress, Sejarah, dan Apa Keuntungannya

Harus kalian ketahui platform suatu blog dari wordpress ini sangat banyak dipakai oleh para intrepreuner online. Banyak yang dipakai untuk blog pribadi, website toko online, website company profile, maupun website kepentingan lainnya. WordPress terkenal dalam penggunaannya yang memudahkan untuk mengedit dan mengelola sesuai dengan keinginan kalian tanpa memikirkan script yang rumit seperti PHP, HTML dan CSS, dan hanya fokus ke masalah publikasi konten.

Apa itu WordPress? dan Pengertian WordPress

WordPress adalah salah satu aplikasi dengan berbasis open source (terbuka) yang sangat terkenal untuk kalangan blogger maupun programmer yang digunakan sebagai mesin pembuat blog. WordPress dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Keduanya termasuk software open source.

Selain sebagai untuk blog, WordPress juga sering digunakan dalam sebuah CMS (Content Management System) karena memiliki kemampuan dalam untuk mengubah isi sumber dan dapat menyesesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan user.

WordPress ini sebagai penerus resmi dari b2/ cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress awalnya diusulkan oleh Christine Selleck, teman dari Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama dan populer seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Pengertian WordPress

CMS dibuat untuk pengguna yang ingin membuat website dan blog tanpa memerlukan keahlian dibidangnya sebagai webmaster karena mereka yaitu pengguna hanya mengelola dengan kemudahan dan banyak tutorial yang menyajikannya, selain wordpress banyak diantaranya platform CMS ini seperti: Joomla, Drupal, Plone, Moodle, VBulletin, Opencart, MediaWiki, dll.

CMS WordPress memiliki pengguna terbanyak karena banyak keuntungan dan fungsi dalam memudahkan bagi penggunanya.

Harus kalian ketahui platform suatu blog dari wordpress ini sangat banyak dipakai oleh para intrepreuner online. Banyak yang dipakai untuk blog pribadi, website toko online, website company profile, maupun website kepentingan lainnya. WordPress terkenal dalam penggunaannya yang memudahkan untuk mengedit dan mengelola sesuai dengan keinginan kalian tanpa memikirkan script yang rumit seperti PHP, HTML dan CSS, dan hanya fokus ke masalah publikasi konten.

Sejarah WordPress?

Sejarah WordPress ini dimulai oleh Matthew Charles yang sering dipanggil “Matt” Mullenweg lahir tanggal 11 Januari tahun 1984. Ia seorang pengusaha di media online yang berasal dari AS (Amerika Serikat), ia merupakan pemgembang web sekaligus musisi yang tinggal di California, San Francisco. Matt terkenal karena memiliki kemampuan dapat mengembangkan salah satu software web open source Content Management System yang sangat terkenal yaitu wordpress, yang saat ini di kelola oleh WordPress Foundation. Ia memiliki blog pribadi yaitu ma.tt.

Matt mullenweg wordpressWordPress muncul pertama kalinya pada tahun 2003 dengan hasil kerja keras Matt Mullenweg dan Mike Little yang membuat WordPress makin terkenal sampai saat ini, selain banyaknya fitur dan tampilan yang sangat menarik dan juga karena mendapatkan dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk mesin blog. Saat ini situs web di seluruh dunia menggunakan platform CMS wordpress, jadi kalian disini harus memiliki kepercayaan diri karena WordPress di build dengan handal sehingga tidak akan kalah dengan mesin website lainnya.

Ketika itu Matt memutuskan untuk keluar dari kuliahnya dan memilih bekerja di CNET Networks 2004-2005, kemudian ia keluar dari pekerjaannya itu dan mendirikan sendiri Automattic, bisnis di balik WordPress.com (yang menyediakan blog domain WordPress.com gratis dan layanan lainnya) seperti Akismet, VaultPress, Gravatar, PollDaddy, IntenseDebate, dan tentunya masih banyak lagi. Sekarang Matt Mullenweg adalah CEO dari Automattic.

Berapa Jenis CMS WordPress?

WordPress saat ini memiliki 2 (dua) alamat berbeda yaitu wordpress.com dan wordpress.org. kalian tau perbedaannya?

  1. WordPress.com merupakan situs layanan mesin blog yang menggunakan platform WordPress kalian bisa mendaftarnya dengan gratis tetapi memakai subdomain dalam alamat URL misalnya http://rezzaid.wordpress.com, http://www.rezzaid.com dibelakangnya menampilkan nama wordpress dan didepan sebelum dot (.) itu alamat yang kalian inginkan, wordpress.com didirikan oleh perusahaan Automattic dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Tetapi dalam hal itu wordpress.com ini memiliki kekurangannya yaitu pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan. Meskipun demikian, fitur yang disediakannya sudah top deh menurut saya.
  2. WordPress.org memiliki banyak kelebihan yaitu dapat memegang kendali penuh yang artinya dapat mengubah theme, menambahkan plugin sesuai kebutuhan, komersial, maupun isinya bisa dikatakan situs milik kalian 100% disamping itu CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skript lain yang menyertainya. WordPress.org ini dapat digunakan secara online maupun offline yaitu menggunakan xampp misalnya dan untuk online harus menggunakan hosting sendiri sebagai penyimpanan website kita.

Apa saja keuntungan WordPress?

Berikut ini memang cukup banyak keuntungan sebuah mesin blog CMS, diantaranya:

  1. Gratis. Untuk mendapatkan source WordPress kalian hanya perlu men-download dari situsnya tanpa dipungut biaya apapun, bahkan untuk blog komersial sekalipun. Saya punya beberapa blog untuk bisnis
  2. Pengeloaan dan modifikasinya mudah dioperasikan.
  3. Berbasis kode open source (sumber terbuka), yang artinya setiap pengguna dapat melihat, mendapatkan dan bahkan meng-edit kode-kode penyusun dari WordPress sesuai keinginan dan kebutuhan kita seperti yang saya tadi jelaskan bahwa CMS dapat di modifikasi secara penuh seperti situs milik sendiri.
  4. Banyak yang menyediakan tema gratis selain dari situs WordPress sendiri. Kalau ada yang berbayar, kalian bisa membelinya dengan harga yang tidak terlalu mahal apalagi jaman sekarang banyak developer theme rasa lokal yang tidak kalah kualitasnya dengan theme bule.
  5. Theme atau template tampilan dari situs yang dibuat, mudah dimodifikasi sesuai keinginan user. Sehingga user tingkat mahir dapat berkreasi sendiri me-modifikasi templatenya. User yang tidak mengerti HTML, disediakan ribuan template yang dapat di download secara bebas.
  6. WordPress juga bisa digunakan untuk blog komunitas soalnya dapat digunakan oleh beberapa pengguna.
  7. Mendukung LaTeX. Artinya LaTex adalah bahasa markup atau penyisipan dokumen untuk software atau peranti lunak Tex. Lebih jelasnya silahkan tanyakan ke si mbah.
  8. Dapat dioptimasi dengan baik untuk peningkatan kualitas Search Engine Optimization dengan mudah, apalagi  dengan adanya plugin-plugin gratis sebagai pendukung kebutuhan kalian seperti All in One SEO Pack, SEO By Yoast. Saya sendiri menggunakan All in One SEO Pack karena penggunaanya lebih mudah.
  9. Adanya fasilitas trackback dan pingback yang memungkinkan untuk melakukan ping otomatis seperti pingomatic ke berbagai mesin pencari web seperti google, bing, yahoo ketika kita publikasi artikel baru maka direktori setiap kita posting lebih cepat terindex.
  10. Adanya fasilitas format text dan gaya text.
  11. Adanya halaman statis yang tetap dan halaman dinamis seperti blog rezzaid.com.
  12. Berbagai pilihan plugin yang tersedia berfungsi memaksimalkan kebutuhan web/ blog sesuai kebutuhan. Plugin adalah alat tambahan yang bisa diintegrasikan dengan CMS wordpress, banyak manfaatnya seperti plugin untuk optimalkan SEO on page yang sudah saya jelaskan sebelumnya, plugin untuk memfilter anti spam misalnya akismet, plugin monitor traffic website (jetpack), plugin untuk kebutuhan toko online (woocommerce), dan masih banyak lagi kalian bisa lihat di dashboard plugin.
  13. Banyak komunitas dan forum lainnya untuk sharing mengenai CMS WordPress blog sehingga kita sebagai pemula tidak usah khawatir ketika memiliki kendala mengelola website dengan wordpress.
  14. Itu hanya sebagian keuntungan menggunakan wordpress, kalian yang sudah menggunakan wordpress pasti tahu banyaknya fitur wordpress ini.

Siapa yang dapat menggunakan wordrpess?

Tentunya semua orang yang ingin memiliki website dapat menggunakannya dengan baik, diluar sana banyak situs-situs populer yang sudah menggunakannya seperti perusahaan bata, coca-cola francis, CNN, The Wall Street Journal Law Blog, dll.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat situs live?

Karena CMS WordPress berbasis open source jadi siapa saja bisa menggunakannya dengan gratis namun ada biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian domain dan hosting dengan sistem sewa perbulan bahkan pertahun. Biayanya beragam mulai dari $10 sampai $40 dolar tergantung estimasi waktunya sampai kapan kalian ingin menyewanya. Teman-teman semua bisa dapatkan hosting dan domain dengan space unlimited bisa di hostgator, bluehost, atau penyedia hosting lokal indonesia yaitu niagahoster. Itulah salah satu penyedia hosting saya saya rekomedasikan.

Tips memilih wordpress untuk kebutuhan website

Sangat disarankan bagi kalian yang ingin memulai bisnis internet atau membuat blog lainnya harus disesuaikan dengan tujuan, jika kalian ingin memiliki website yang tujuannya untuk menawarkan prduk sendiri dan dengan biaya gratis pilihlah wordpress.com. Sedangkan untuk kepentingan website affiliasi misalnya kalian semua lebih direkomendasikan memilih wordpress.org karena wordpress.com tidak diperkenankan banyak link affiliasi seperti iklan. Anda juga dapat mengganti subdomain dari wordpress.com dengan domain sendiri.apa itu wordpress

Kesimpulan

Setelah kalian semua mengetahui Pengertian WordPress, Sejarah, dan Apa Keuntungannya memakai wordpress sebagai mesin website/ blog. Kalian sendiri yang bisa memutuskan memilih jenis wordpress apa dan tentunya yang bisa meningkatkan bisnis dan rencana kegiatan kalian Semoga bermanfaat. 🙂

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?