PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI BAZNAS KABUPATEN TULUNGAGUNG

Ahmad Saifudin, 2824123003 (2016) PENGELOLAAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI BAZNAS KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]Text
Cover.pdf

Download (298kB)
[img]Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img]Text
BAB II.pdf

Download (512kB)
[img]Text
BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]Text
BAB IV.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]Text
BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]Text
BAB VI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]Text
DaftarPustaka.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah Dalam Pengembangan Usaha Mikro di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Ahmad Saifudin, NIM. 2824123003, pembimbing Ali Mauludi AC. MA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang berkenaan dengan, organisasi pengelola zakat, infaq, dan sedekah, yang mana di situ terdapat aktifitas mengelola. Mengelola merupakan aktifitas penghimpunan yang baik, maka dibutuhkan manajemen yang baik, karena menggalang dan menghimpun dana bukanlah hal yang mudah, banyak proses dan dinamika yang harus dilalui, harus ada proses manajemen dalam menjalankan penghimpunan, dari mulai proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. ZIS yang awalnya hanya dikelola di sektor non produktif akan tetapi sekarang dana ZIS bisa dialihkan ke sektor produktif. Dengan adanya BAZNAS Kabupaten Tulungagung diharapkan bisa ikut serta memberdayakan ZIS secara benar dan tepat. Diharapkan dana ZIS yang diterima itu tidak hanya untuk dikonsumsi, tetapi bagaimana bisa diberdayakan untuk mengangkat perekonomian mereka. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana prosedur pengelolaan dana zakat, infaq dan sedekah BAZNAS Kabupaten Tulungagung dalam pengembangan usaha mikro ? (2) Bagaimana uapaya dan penerapan Program modal usaha produktif BAZNAS Tulungagung ? (3) Bagaimana perputaran dana ZIS selama tahun 2005-2015 di BAZNAS Tulungagung ?. Dalam metode ini digunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Pengecekan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi, diskusi dengan teman sejawat. Sedangkan pengecekan audibilitas data penelitian oleh dosen pembimbing sebagai auditor. Data yang terkumpul melalui tiga teknik tersebut kemudian dikategori, ditelusuri, dijelaskan hubungan-hubungannya melalui analisis dalam kasus guna menyusun konsep dan abtraksi temuan peneliti. Hasil penelitian dengan rumusan masalah tentang pengelolaan. Mengelola merupakan aktifitas penghimpunan yang baik, maka dibutuhkan manajemen yang baik, karena menggalang dan menghimpun dana bukanlah hal yang mudah, banyak proses dan dinamika yang harus dilalui, harus ada proses manajemen dalam menjalankan penghimpunan, dari mulai proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. ZIS yang awalnya hanya dikelola di sektor non produktif akan tetapi sekarang dana ZIS bisa dialihkan ke sektor produktif. Kata Kunci: Pengelolaan, Zakat, Infak dan Sedekah, Usaha Mikro.

Item Type:Skripsi
Subjects:Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions:Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User:2824123003 Ahmad Saifudin
Date Deposited:07 Sep 2016 03:21
Last Modified:07 Sep 2016 03:21

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?