Beli paket skripsi untuk diskon hari ini
Download Skripsi Download lebih dari 3500 skripsi semua jurusan, cocok untuk referensi.

Panduan Ampuh Untuk Menghemat Baterai Android

Bagi para pengguna ponsel android selalu bermasalah dengan kendala baterai yang lekas habis, kondisi seperti ini akan membuat para pengguna ponsel android merasakan kebosanan dengan ponsel mereka. Dimana setiap saat harus melakukan charger ponsel, padahal ponsel hanya digunakan beberapa jam saja. Keterbatasan kapasitas baterai ponsel juga masuk ke dalam faktor ponsel android cepat boros.

Panduan Ampuh Untuk Menghemat Baterai Android

Sebenarnya hal tersebut bukan faktor utama dari borosnya baterai ponsel android, faktor utama yaitu penggunaan atau pemakaian ponsel yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini saya akan memberikan ulasan seperti cara untuk menghemat baterai ponsel android hingga berjam-jam lamanya.

Gunakan seperlunya saja

Untuk pengguna ponsel android mungkin saat ini sulit jika harus menggunakan ponsel dalam waktu yang sebentar saja. Pasalnya mereka lebih kecanduan untuk menggunakan ponsel dari pada harus bermain dengan teman-teman sebaya mereka atau dengan keluarga mereka, lebih baik kalau ingin ponsel tetap awet dan beterai tidak lekas boros. Gunakan ponsel android seperlunya saja. Mungkin kamu bisa mengatur timer waktu untuk penggunaan ponsel, bisa kamu setting hanya 2-3 jam saja, selain bertujuan untuk menghemat beterai ponsel dengan mengurangi penggunaan ponsel tidak akan membahayakan kesehatan mata kamu. Terlebih jika menggunakan ponsel hanya pada siang hari saja, itu jauh lebih baik dibandingkan dari penggunaan ponsel dimalam hari karena instensitas cahaya layar jauh lebih terang pada malam hari. Dan itu berbahaya sekali untuk kesehatan mata pengguna ponsel android.

Hindari menggunakan ponsel sambil di charger

Ini kebiasaan orang-orang yang mungkin sudah benar-benar kecanduan dengan ponsel android, menggunakan ponsel namun tidak tahu cara perawatannya. Salah satunya menggunakan ponsel untuk bermain games atau chating sosial media namun dalam kondisi yang masih dicharger. Kondisi seperti ini bisa membuat pengisian daya ponsel menjadi terganggu yang akibatnya bisa merusak kesehatan baterai ponsel. Jika terus dilakukan maka potensi ledakan baterai bisa lebih besar, karena pada saat pengisian daya baterai, ponsel akan jauh lebih panas.

Jangan menginstal games dengan ukuran yang besar

Mungkin kamu pernah mengalami hal seperti ini, menginstal games online atau offline dengan ukuran yang besar. Kemudian memainkan hingga berjam-jam, pasti kondisi ponsel akan memanas terlebih pada bagian baterai, Tandanya kamu disuruh untuk menyudahi aktivitas bermain games. Lebih baik jika ponsel sudah mulain memanas, letakan ponsel di meja atau matikan ponsel dan lepas baterainya. Biarkan beberapa jam agar suhu baterai normal kembali.

Hindari menggunakan aplikasi antivirus berbahaya

Biasanya antivirus bukan hanya melindungi melainkan juga memberikan dampak negatif terhadap kesehatan baterai ponsel. Salah satunya yaitu menginfeksi sistem pada ponsel yang akhirnya membuat ponsel menjadi lebih panas, hindari penggunaan antivirus untuk ponsel karena belum tentu antivirus yang kamu pasang benar-benar aman.

Jangan menggunakan charger abal-abal

Yang terakhir, saran dari saya jangan pernah menggunakan yang namanya charger abal-abal, maksud dari charger abal-abal sendiri adalah charger yang mudah didapatkan dari gerai atau konter ponsel terdekat. Misalnya saja charger Asus yang dijual dengan harga murah, belum tentu itu asli dan pastinya imitasi. Charger ponsel yang abal-abal memiliki potensi untuk merusak baterai karena arus yang dialirkan tidak sesuai dengan kapasitas baterai ponsel milik kamu.

Nah itulah beberapa tips untuk merawat baterai ponsel android agar tidak boros, bagaimana apakah cukup bermanfaat tipsnya? Selamat mencoba sahabat android.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?