Beli paket skripsi untuk diskon hari ini
Download Skripsi Download lebih dari 3500 skripsi semua jurusan, cocok untuk referensi.

15 Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus

Memilih nama domain blog adalah salah satu hal terpenting untuk sebuah situs karena domain akan menjadi brand kita sebagai identitas nanti. Biasanya seorang blog pemula kebanyakan tidak memikirkan dengan matang ketika memilih nama domainnya.

Tetapi kita bahas dulu lebih jelas lagi apa sih domain itu?

Menurut wikipedia:

Tips Memilih Nama Domain Yang BagusNama domain (bahasa Inggris: domain name) merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah server komputer seperti web server/ email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk memudahkan pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga dipakai untuk mengingat nama server yang akan dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang dikenal sebagai alamat IP (Internet Protocol).

Nama domain juga dikenal sebagai suatu kesatuan dari sebuah situs web, Misalnya “wikipedia.org/ rezzaid.com”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL (Unifrom Resource Locator) atau alamat website.

Setelah anda mengetahui apa itu domain, sekarang simak penjelasan berikut ini kita langsung ke intinya.

15 Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus dan Menarik

Memangnya ada tipsnya ya kok ribet banget sih nama domain harus pilih-pilih segala. Jangan salah dulu semua hal itu ada ilmunya, mari simak dulu luangkan waktu 5 menit untuk membaca tips memilih nama blog.

Buat nama domain sependek mungkin (Shorten is Better)

Gunanya agar audience dapat mudah mengingat nama domain disaat pengunjung ingin kembali lagi ke website kita jadi usahakan membuat nama domain yang mudah diingat dan diketik.

Ketika anda suatu saat nanti memberikan informasi nama domain ke rekan anda dengan nama domain yang panjang, sudah pasti dia tidak akan langsung mengingat nama domain anda. Contohnya themeswp.com, hal itu kelihatan membingungkan saya rasa itu nama keyword bukan domain. Selain itu memiliki nama blog yang panjang ketika di rich snippet oleh mesin pencari akan di potong justru itu akan membuat SEO blog kurang baik.

Coba bandingkan dengan domain wordpress.org, kelihatan simple tetapi dapat meningkatkan branding domain tersebut. Sekali mendengar tentu saja tidak akan lupa bukan?

Domain sesuaikan dengan nama bisnis atau niche blog

Pilihlah nama domain sesuai dengan niche atau bisnis kalian, misalnya jika kalian ingin membuat blog untuk memberikan informasi tentang gadget. Maka akan lebih baik menggunakan nama blog yang berhubungan dengan gadget. Misalnya  hargahp.com | gadgetoriginal.com | hporiginal.net | dan lain-lain.

Sebaiknya riset kata kunci dulu tentang niche blog anda bisa menggunakan semrush.com untuk blog internasional. Keywordtool.io untuk riset kata kunci di indonesia dan internasional, menggunakan tool dari google seperti keyword planner kalau ingin yang gratisan. Gunakan domain yang sedikitnya memiliki kata kunci yang telah di riset sebelumnya, namun jangan sepenuhnya domain kita sebagai kata kunci seperti jual-dodol-garut-murah.com. Hal itu tidak memiliki brand tersendiri untuk blog kita. Lebih lengkapnya simak dibawah ini.

Domain brandable, EMD tidak akan menjadi brand sebuah blog

Apa itu EMD? EMD (Exact-Match Domain) adalah seperti yang dijelaskan di atas itu namanya EMD. Masih belum ngerti? EMD adalah nama domain dengan menggunakan sebuah keyword (kata kunci) yang bertujuan agar mudah berada di urutan pertama google.

Kalo brandable sendiri merupakan sebuah brand untuk suatu nama yang mengutamakan sebuah brand dibanding kata kunci. misalnya blog ini, rezzaid.com | google.com | instagram.com | facebook.com.

Bukannya bagus memiliki nama domain dengan sistem EMD?

Kalau dulu iya, domain dengan kata kunci tertentu dapat meningkatkan blog kita di page google. namun untuk saat ini sepertinya tidak karena google telah melakukan update algoritma nya tahun 2012, juga di mata google domain dengan kata kunci akan menjadikan sebuah domain yang kebanyakannya melakukan spam dan web berkualitas rendah.

Lalu apakah nama domain dengan kata kunci itu jelek? Tentu saja tidak, anda masih bisa memilih nama domain dengan kata kunci namun jangan seluruhnya seperti di atas. Saya sarankan 1 kata saja seperti shopee, ada kata kunci shopnya tetapi di alihkan dengan tambahaan kata pee jadilah suatu brand.

Hindari kata sambung dan nomor

kata sambung seperti tanda – misalnya nama-domain-blog.com. hal itu akan menyusahkan pengunjung untuk mengetikkan di browser kita terkadang bisa lupa. Apalagi menggunakan nomor seperti blog-nomor-1.com. Waduh parah susah banget mengingatnya kalo menurut saya.

Pikirkanlah nama domain yang mudah diingat dan di eja oleh kita sendiri.

Gunakan Ekstensi domain TLD (Top Level Domain), ccTLD

Sebaiknya menggunakan domain TLD namanya juga udah Top kan berarti ekstensi yang paling bagus. Lihat saja di google kebanyakan situs web dan blog profesional pakai ekstensi .com. Kenapa? karena dengan maraknya website menggunakan ekstensi itu jadi semua orang sudah terhipnotis pikirannya kalo .com itu lebih baik. Lupakan domain gratisan, karena domain seperti itu tidak akan berlangsung lama umurnya. Contoh domain gratisan: .TK. ML. CO.CC. dan sebagainya.

Sedangkan kalau ccTLD singkatannya adalah country code Top Level Domain, ekstensi domain yang disesuaikan untuk domain di negara tertentu, misalnya:

.US (United States)

.ID (Indonesia)

.JP (Japan)

.IN India)

.DE (Jerman), dan masih banyak lagi.

Hindari nama domain yang mengandung sara

Jangan pernah milih domain yang buruk apalagi bertentangan dengan peraturan udang-undang yeng berlaku. Yang buruk itu seperti apa? Contohnya yang berhubungan dengan PORN, JUDI.

Jangan menggunakan domain berkaitan dengan merk dagang

Jangan pernah sekali lagi jangan menggunakan domain yang sudah terdaftar hak paten seperti yahoo.com. Jadi kita ingin memilih domain dengan tambahan blogyahoo.com kecuali jika anda kaya raya yang ingin di tuntuk oleh perusahaan tersebut :p (becanda).

Beli domain dari registrar terpercaya

Sekarang banyak diluar sana yang memberikan layanan sewa domain dengan harga terjangkau namun perusahaannya memiliki nama dan terpercaya. Registrar paling terpercaya skala internasional adalah namecheap.com dan registrar nasional saya selalu daftar dari rumahweb.com karena selain harganya yang terjangkau mereka memberikan fasilitas whois guard hanya 130rb per tahun/ domain. Masih banyak lagi registrar terpercaya.

Jangan menggunakan domain bekas

Jika anda baru yang mau terjun ke dunia blog saya sarankan hindari domain bekas karena ditakutkan domain tersebut sudah pernah di banned oleh mesin pencari. Sehingga domain itu tidak akan muncul di mesin pencari karena sudah terlibat dalam sindikasi spam, trushflownya jelek, dll. Cara mengecek domain apakah pernah dipakai orang lain atau belum silahkan lihat gambar dibawah dengan menggunakan salah satu tool http://whois.domaintools.com/

Jangan menggunakan domain bekas

Cek disana jika dalam domain status ada keterangan “deleted and available again” maka itu domain bekas.

Disarankan sewa domain yang memiliki hosting sekaligus

Supaya anda tidak menunggu untuk propagansi nama domain lebih baik daftar di registrar yang mempunyai layanan webhostingnya. Selain itu kita juga dapat diskon khusus biasanya penyedia webhosting akan memberikan gratis dengan syarat dafta hosting paket tertentu. Sehingga akan meminimalisis biaya pendaftaran.

Pikirkan dengan matang

Setelah tahu tips-tips di atas sekarang pikirkan dengan matang, tulis di catatan kecil. Berikut ini catat kepentingan anda agar lebih mudah untuk memilih nama domain:

  1. Tulis apa tujuan anda membangun blog dan domain yang akan di pilih
  2. Niche blog yang anda rencanakan itu seperti apa?
  3. Ingin menggunakan web untuk toko online atau cuman blog pribadi, kalau blog pribadi saya sarankan menggunakan nama sendiri seperti nama domain saya.
  4. Dari ketiga yang sudah di tulis silahkan ambil tengah-tengah nya lalu simpulkan.

Singkat dan jelas

Usahakan memilih nama domain jangan lebih dari 20 kharakter, rekomendasi 10 kharakter saja agar mudah diingat dan tidak sulit untuk diucapkan.

Beri nama domain yang unik

Sesuatu dengan nama unik dibenak kita pasti lebih wow bukan. Berikanlah kesan dan kesan juga terhadap branding dengan nama domain yang telah kita buat untuk pengunjung supaya suatu saat nanti mereka akan kembali lagi karena namanya unik. Seperti brand dagelan.co menurut saya nama ini unik karena ada hubungannya dengan branding dan berhubungan juga dengan isi kontennya yang selalu memberikan konten-konten lucu dan unik.

Jangan menunda, daftarkan langsung nama domain anda

Cek ekstensi .com terlebih dahulu jika sudah ada yang menggunakan alternatif kedua ekstensi .net. Meskipun website dan blog anda dalam tahap pengembangan tidak salahnya untuk langsung mendaftarkan nama domain tersebu Di luar sana banyak juga seperti kalian yang ingin mencar nama domain sesuai dengan harapan namun apa yang terjadi jika nama yang kita inginkan sudah terdaftar oleh pengguna lain.

Setelah membaca pembahasan ini tentang 15 tips cara memilih nama domain semoga anda bisa menemukan domain yang cocok sesuai dengan niche blog/ website anda. Kalau mau ditambah lagi silahkan teman-teman komentar di bawah yang sudah saya sediakan. Nanti kalau ada tambahan saya akan cantumkan di artikel ini.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?