Gzip Compression Cara Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress

Gzip Compression Cara Untuk Mempercepat Loading Blog WordPress – Gzip compression untuk platform wordpress, ini merupakan hal yang harus dicoba yang berguna untuk mempercepat loading website Anda. WordPress adalah salah satu platform terbaik untuk membangun website, toko online, blog, dll. Saya juga sama beberapa blog menggunakan wordpress.

Apa itu gzip compression?

Gzip[ Compression ini adalah salah satu faktor untuk meningkatkan kecepatan loading sebuah website dan blog. Sederhananya ketika Gzip di kompress maka pada situs kita akan mengurangi jumlah data dari server kita ke browser pengunjung sehingga membuat lebih cepat dalam setiap membuka page nya.

Kenapa Loading WordPress Harus Cepat?

Menurut saya website seperti sebuah pelayanan untuk para pengunjung atau calon pembeli. Dimana ketika pengunjung mencari sesuatu dalam website kita bagaimana jika website berat bahkan loadingnya lambat dengan itu secara otomatis pengunjung pada lari dari website kita. Ini pengalaman saya juga hehe. Hal lain yang berguna dalam mempercepat loading wordpress ini adalah SEO. Kenapa SEO? Ya kecepatan loading wordpress ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas SEO wordpress di mesin pencari. Google juga menilai sebuat website atau blog dari salah satu kecepatan loading ini.

Apa Manfaat Gzip Compression Untuk WordPress?

  1. Dapat mengurangi jumlah data pada server: server Anda tidak akan lagi memproses permintaan data yang besar karena gzip sudah otomatis dikompress.
  2. Dapat membuat pengunjung merasa menikmati, karena tidak ada yang perlu menunggu 10 detik untuk memuat setiap halaman wordpress Anda.
  3. Dapat meningkatkan kualitas website SEO Anda, mesin pencari juga lebih memilih situs yang mempunyai loading cepat.

Gimana Anda tertarik bukan untuk mengaktifkan gzip kompress ini? Tenang saja setelah penjelasan disana saya akan memberikan script nya untuk ditambahkan dalam .htcaccess mudah kok. Saya yakin semua sudah tau bagaimana cara untuk edit .htcaccess. Jika belum tidak usah panik ikuti terus tutorial ini.

Bagaimana Cara Edit .htaccess?

Ada beberapa cara untuk edit .htcaccess ini, bisa pakai plugin WP Htaccess Editor, plugin SEO By Yoast, SEO all in one, ataupun langsung dari cpanel. Kalau saya mengedit .htcacess ini dengan menggunakan plugin  SEO By Yoast.

Untuk yang menggunakan SEO By yoast pada dashboard wp pilih plugin yoast kemudian klik alat. Disana ada tiga pilihan, yaitu: Editor massal, impor dan ekspor, dan penyunting berkas. Silahkan Anda pilih penyunting berkas seperti gambar dibawah ini:

Seo by yoast tutorials

Setelah memilih penyunting berkas tersebut disana terdapat robot.txt dan .htaccess. Jika sudah tahu kita lanjutkan ke ini yaitu aktfikan gzip kompress ini.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Gzip Compression?

banyak plugin yang secara otomatis menambahkan gzip compression ini seperti plugin populer yaitu W3 total cache atau Wp super cache tetapi disini saya menambahkan secara manual supaya wordpress Anda tidak kebanjiran dengan namanya plugin.

Copy semua script dibawah ini langsung simpan di htaccess Anda.

# compress text, html, javascript, css, xml:
  
 AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
 AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
 AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
 AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
 AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
 AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
 AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
 AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
 AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript
 AddType x-font/otf .otf
 AddType x-font/ttf .ttf
 AddType x-font/eot .eot
 AddType x-font/woff .woff
 AddType image/x-icon .ico
 AddType image/png .png

Untuk mengetahui apakah wordpress Anda sudah mengaktifkan gzip ini silahkan test menggunakan web tool online https://checkgzipcompression.com/

Nanti hasilnya akan seperti ini.

percepat blog dengan gzip compression

Nah seperti itulah cara mengaktifkan gzip kompress agar website dan blog Anda lebih cepat loadingnya. Sekian dari saya semoga bermanfaat 🙂

Salam.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

7 Comments

Ada yang ingin ditanyakan?