Contoh Surat Pengunduran Diri Lengkap Download Doc

Berikut ini contoh surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri untuk kerja memanglah sangat diwajibkan sebagai perantara dan prosedur tiap perusahaan baik itu di perusahaan swasta maupun perusahaan negeri. Namun tentunya sangat berbeda jauh prosedur dari kedua perusahaan tersebut.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Terkadang dalam suatu pekerjaan tidak semuanya mendapatkan suasana yang sesuai dengan keinginan kita. Banyak faktor yang dapat merasakan hal sesuatu yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kadang merasa bosan/ jenuh kadang juga pekerjaannya sangat menarik. Ketika kita merasakan kebosanan dalam suatu pekerjaan, pada waktu itulah kita harus mencari suasana kerja baru. Alasan lainnya kebanyakan yang mengundurkan diri ingin membuat usaha sendiri dan memang hal itu sangat menyenangkan meskipun tidak akan sesuai dengan rencana kita.

Tips menulis surat pengunduran diri

Sebelum melihat contoh surat pengunduran diri untuk resign kerja, ada baiknya kita lihat dulu tips yang harus kita perhatikan dalam membuat surat pengunduran diri. Berikut ini yang harus diperhatikan:

  1. Seperti hal nya membuat surat lamaran kerja, menulis surat pengunduran diri lebih baik singkat, padat dan jelas. Menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai dengan EYD bahasa Indoenesia.
  2. Tentunya dalam surat pengunduran diri harus memberikan rasa terimakasih baik, rasa bangga dan memberikan pujian secukupnya baik itu kepada perusahaan maupun kepada rekan kerja.
  3. Setidaknya kita jangan terlalu detail memberikan alasan kenapa kita ingin melakukan pengunduran diri, cukup sebagian besarnya saja dan masuk di akal.
  4. Menulis surat pengunduran diri secara langsung dan tepat. Hindari kata-kata yang terlalu berlebihan dan bertele-tele.
  5. Tulislah waktu, tanggal dan tahun ketika kita ingin melakukan resign. buatlah referensi pemberitahuan seperti yang disebutkan dalam surat kontrak kerja dan memberitahukan pengunduran diri sampai batas akhir periode.

Selain itu dalam kegiatan kerja tentunya banyak hal yang telah dilalui, entah itu hambatan, hal-hal yang menyenangkan, pengalaman yang luar biasa yang tidak mungkin akan ditemukan di pekerjaan lainnya. Salah satu perbincangan dalam dunia kerja adalah dimana seorang karyawan harus melakukan pengunduran diri dan mempertimbangkan pekerjaannya karena sesuatu yang harus dilakukan. Hal itu terkadang sangat disenangi oleh pimpinan perusahaan karena kita mengambil keputusan yang paling tepat. maka dari itu berikut ini saya akan memberikan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar

Kepada Yth,
Kepala HRD PT. Rezzaid.com
Jln. Garut km. 1 Jawa Barat
Garut, 19 juni 2017

Dengan hormat,
Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Rezzaid.com berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan serta undang-undang tenaga kerja. Yang bertanda yangan dibawah ini:

Nama: :
Departemen :
Jabatan :
Nomor :
Karyawan
Alamat :

Dengan ini bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri dari PT. Rezzaid.com terhitung sejak 19 Juni 2017 dengan ingin lebih dekat dengan keluarga.

Saya sangat berterima kasih kepada pihak PT. Rezzaid.com yang telah memberikan kesempatan saya bekerja dan juga kepada teman-teman sejawat yang sudah banyak membantu saya dalam bekerja. Saya juga memohon maaf bila ada kesalahan baik itu pada perusahaan maupun pada teman-teman. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya serta memberikan semua.

Saya memiliki harapan bahwa PT. Rezzaid.com menemukan pengganti saya yang lebih dan juga lebih sukses lagi untuk kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas segala perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan teria kasih.

 

Hormat saya,

Rezzaid

download

Contoh surat pengunduran diri dalam bahasa inggris

Juni 19, 2017

Mrs. Melanie Hammer, Manager
Powerfull Recruiters Ltd.
8595-Sunset Road
New Rochelle, NY 10801

Dear Mrs hammer,

Please accept this letter as the resignation of my position as Recruiter, effective Juni 19, 2017. I am offering two weeks notice – this will give you an opportunity to find a suitable replacement. If you would like, I am more than willing to provide training and orientation to the newcomer.

My decision to resign was finalized after long and carefull consideration of all factors. I regret leaving friend here; more home. I feel the change will be beneficial to my long-term career goals and objectives. I assure you that I will complete any outstanding projects and business affairs before my departure – the transition will be handled professionally to ensure no internal or external problems.

Again, it has been a pleasurable learning experience working as part of your team and I wish nothing, but success for Powerfull Recruiters Ltd.

Sincerely,

 

Rezza Indra Rahayu

Enclosure: Resume

download

Contoh surat pengunduran diri doc

Kepada
Yth,
Direktur HRD PT. …..
Di
tempatDengan hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. …….. Berdasarkan Surat Kesepakatan bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama :
Departemen :
Jabatan :
No. Karyawan :

Mengajukan pengunduran diri dari PT. ……………… dengan alasan kesehatan dan keluarga ….(sebutkan alasan lain sesuai dengan kondisi anda)… surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,
Garut, 19 juni 2017

 

(……………………)

download

Demikianlah informasi mengenai contoh surat pengunduran diri, semoga informasi yang saya share disini dapat bermanfaat bagi kalian yang belum tahu cara membuat surat pengunduran diri. Dari beberapa contoh surat pengunduran diri diatas silahkan kalian bisa download versi doc nya sehingga kalian tidak akan sulit untuk mengetik kembali cukup edit nama tanggal dan sebagainya. Artikel ini akan saya update setiap hari ketika telah menemukan referensi yang baik dan benar mengenai surat pengunduran diri.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?