Cara Root Android Semua Jenis HP Dengan 1 Klik 2017

Jaman sekarang semakin canggih saja, cara root android kini hanya 1 klik dengan pihak ketiga yaitu aplikasi android, dan tentunya hal itu semakin mudah. Dulu untuk melakukan rooting diperlukan perangkat komputer (PC). Nah hal ini memudahkan untuk pengguna android yang tidak bisa melakukan rooting dengan PC. Banyak sekali aplikasi android untuk root cuman yang menurut saya paling berhasil 100% dan aman adalah aplikasi framaroot, selain itu saya akan jelaskan beberapa aplikasi lainnya.

Android merupakan salah satu sistem operasi paling populer kalangan masyarakan terutama Indonesia. Nah kali ini kita akan fokus terlebih dahulu ke ponsel android, seperti yang sudah dijelaskan diatas untuk melakukan root android ini ada 2 metode. Yang pertama root android dengan PC dan tanpa PC. Saya akan share yang mudah saja yaitu cara root android tanpa menggunakan PC yang ribet harus install ini itu.

Manfaat root android

  1. Posisi pertama manfaat root android ini adalah kita dapat menyesuaikan ROM (Read Only Memory) android bahkan kita bisa merubah ROM dengan sistem kostum yang telah tersedia di forum-forum pengembang ROM android.
  2. Dengan rooting kita dapat meminimalkan kinerja yang tidak terpakai seperti aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh kita, tentunya aplikasi ini tidak bisa dihapus jika kita melakukan rooting.
  3. Kita dapat memiliki akses untuk ke akar sistem operasi android.
  4. Terkadang beberapa aplikasi atau game ada yang membutuhkan hak akses root, dengan melakukan rooting maka kita dapat mengintalnya.
  5. Kita dapat mengakses file-file yang dibutuhkan untuk rooting.
  6. Dapat mengatasi android yang lag dengan cara menghapus aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

Kerugian melakukan root android

  1. Tentunya pihak vendor perusahaan tidak mengizinkan melakukan rooting android karena dapat merusak sistem operasi, dengan hal ini maka garansi smartphone tersebut akan hilang.
  2. Tingkat keamanan android akan hilang, jadi jika kita telah melakukan rooting sebaiknya Anda hati-hati. Jangan mendownload aplikasi sembarang karena bisa terserang virus tanpa kita ketahui.
    Baca juga: Cara menghilangkan virus android

Hal yang harus diperhatikan sebelum root android

Tentunya sebelum melakukan root baca terlebih dahulu apa saja persiapan untuk melakukan rooting agar tidak terjadi kesalahan ataupun gagal dalam proses rootingnya nanti.

  • Pastikan bahwa android Anda sudah terisi penuh untuk mengantisipasi ketika melakukan proses rooting batterai android habis.
  • Backup terlebih dahulu data-data yang penting, karena bisa saja android Anda tidak kompatibel dan terjadi bootloop.
  • Aktifkan instalasi dari sumber tidak percaya, caranya masuk ke setting >> applications lalu centang “Unknown Services”.

Disclaimer:
Dengan tutorial ini saya tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu seperti handphone bootloop dll. Pastinya Anda sudah mengetahui resiko dalam melakukan proses rooting android.

Baiklah kita langsung saja ke tahap cara melakukan root android tanpa PC dengan mudah

Cara root android tanpa PC

Yang pertama cara root android dengan aplikasi framaroot, Jika anda ingin melakukan rooting dengan aplikasi framaroot maka sebelumnya harus check dulu apakah perangkat android Anda kompatibel atau tidak. untuk checknya silahkan klik disini

  1. Download dan install aplikasi FRAMAROOT di android Anda
  2. Buka aplikasi FRAMAROOT tersebut lalu pilih SUPERSU/SUPERUSER
    cara root android dengan framaroot
  3. Nanti akan muncul pilihan Aragorn dan Gandalf. Lalu pilih Gandalf, sebenarnya kedua nama tersebut dapat melakukan rooting cuman sangat disarankan untuk memilih Gandalf saja.
    cara root android dengan mudah
  4. Setelah itu tunggu kira-kira 5 menit sampah ada notifikasi suskes. Setelah muncul notifikasi berarti Anda sudah melakukan rooting.
  5. Kemudian restart android Anda, lihat di menu aplikasi apakah muncul aplikasi baru yang bernama SUPERSU.

Jika Anda masih kebingungan silahkan lihat video dibawah ini untuk cara root android

Aplikasi root android tanpa PC

Selain aplikasi FRAMAROOT, ada 5 aplikasi lainnya untuk melakukan rooting diantaranya:

Cara root android dengan RootGenius

RootGenius adalah aplikasi yang sangat kuat untuk melakukan rooting tanpa memerlukan perangkat komputer, seperti framaroot aplikasi ini sangat sederhana namun sangat manjur untuk melakukan rooting. Fiturnya mudah digunakan, tidak memerlukan panduan khusus cukup buka jalankan lalu klik root dan juga tidak membutuhkan koneksi internet

Cara root android dengan Towelroot

Aplikasi towelroot sebenarnya khusus untuk perangkat android HTC, jadi jika Anda menggunakan smartphone dengan merk HTC. Pakai aplikasi ini saja untuk melakukan rooting.

Cara root android dengan Z4 root

Aplikasi Z4 root adalah salah satu aplikasi rooting terbaik, kenapa terbaik? karena aplikasi ini paling tua dibanding dengan aplikasi lainnya.

Cara root android dengan Universal Android Root

Aplikasi universal android sama mudahnya dengan framaroot Anda ikutin saja tutorial sebelumnya jika ingin melakukan root dengan aplikasi ini.

Cara root android dengan Iroot

Aplikasi Iroot banyak kompatibel dengan berbagai merk android, hampir sebagian besar android dapat di root dengan aplikasi ini. Selain tanpa PC aplikasi ini juga menyediakn proses rooting dengan menggunakan PC tentunya lebih aman.

Untuk cara installnya sama saja seperti FRAMAROOT jadi saya tidak akan menjelaskan tutorialnya.

Itulah beberapa aplikasi dan cara root android hanya 1 klik tanpa memerlukan perangkat komputer (PC), semoga dengan tutorial kali ini bermanfaat bagi kita semua. Sekarang Anda bisa mengakses ke akar-akar android tanpa ada batasan apapun.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?