Cara Menyembunyikan Posting Artikel di WordPress

Akhirnya nemu juga cara nya menyembunyikan postingan artikel di halaman tertentu wordpress, awalnya saya ingin posting konten WP tapi tidak ingin menampilkan dalam semua halaman. Nah saya akan share kepada teman-teman bagaimana caranya siapa tahu kalian disini sedang mencari artikel ini. Tenang saja artikel kalian yang telah disembunyikan masih ttetap di crawl oleh mesin pencari google kok.

cara menyembunyikan artikel di wordpressMenyembunyikan salah satu atau beberapa posting artikel ini saya menggunakan salah satu plugin wordpress yaitu WP Hide Post yang berfungsi untuk memberikan hak penuh akses terhadap setiap postingan artikel, secara default artikel wordpress yang telah di publish akan tampil dalam daftar blog di halaman utama paling atas dan kategori/ tag/ arsip tertentu di paling atas berdasarkan publikasi tanggal. Plugin ini berfungsi untuk menyembungikan artikel sesuai dengan keinginan kita seperti menyembungikan artikel dalam kategori terntentu, arsip, tag ataupun halaman page. Plugin ini telah terinstall lebih dari 50.000 pengguna wordpress.

Apa saja artikel yang bisa disembunyikan dalam halaman wordpress?

  1. Halaman depan (Homepage, tergantung pada tema kamu, ini mungkin tidak relevan)
  2. Kategori halaman (daftar posting dalam kategori)
  3. Tag halaman (daftar posting yang ditandai dengan tag tertentu)
  4. Halaman penulis (daftar posting milik penulis)
  5. Halaman arsip (daftar posting dengan jangka waktu tertentu: Minggu, hari bulan, dll..)
  6. Hasil pencarian (search engine)
  7. Feed

Cara kerjanya seperti visibility yang ada dalam plugin jetpack, namun dalam plugin jetpack memberikan akses penuh untuk menyembunyikan beberapa widget yang tampil dalam sidebar atau footer namun ditampilkannya sesuai dengan halaman page yang telah kita kelola.

Bagaimana caranya menyembunyikan artikel blog?

  1. Pertama tentunya kalian harus install plugin WP Hide Post silahkan kunjungi (https://wordpress.org/plugins/wp-hide-post/) dan aktifkan.
  2. Buka postingan artikel kalian yang akan disembunyikan, kemudian lihat disebelah kanan bawah ada widget Post visibility. Berikan centang untuk artikel kalian yang ingin tidak ditampilkan misalnya saya tidak ingin menampilkan dalam halaman depan blog berarti centang hide post on front page.bagaimana cara menyembunyikan postingan artikel di wordpress
    Keterangan:
    Hide on the front page: artinya menyembunyikan postingan di halaman depan.
    Hide on category page: artinya menyembunyikan postingan di halaman kategori.
    Hide on tag page: artinya menyembunyikan postingan di halaman tag.
    Hide on author pages: artinya menyembunyikan postingan di halaman pemilik.
    Hide in date archives: artinya menyembunyikan postingan di halaman waktu.
    Hide in search results: artinya menyembunyikan postingan di halaman pencarian.
    Hide in feeds: artinya menyembunyikan postingan di feed artikel.
  3. Langkah terakhir silahkan publish artikelnya, langsung cek apakah artikelnya tidak tampil dalam halaman yang kalian hide?

Gimana mudah bukan? kalau masih bingung kasih kotak komentar terbuka untuk semua nanti saya akan bantu jawab. Itulah sedikit penjelasan tentang cara menyembunyikan postingan artikel di halaman tertentu. Semoga bermanfaat ya 🙂

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?