18 Cara Meningkatkan Kecepatan WordPress dan Kinerja Blog: Ultimate Guide for WordPress

Apakah Anda ingin tahu cara meningkatkan kecepatan WordPress dan website Anda? loading halaman cepat meningkatkan pengalaman pengguna, meningkatkan tampilan halaman Anda, dan membantu meningkatkan WordPress SEO Anda. Pada artikel ini, kita akan berbagi tips optimasi kecepatan WordPress yang paling berguna untuk meningkatkan kinerja WordPress dan mempercepat website Anda (ultimate guide).

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa meningkatkan kecepatan website adalah salah satu strategi yang sudah banyak di ulas di berbagai teknik SEO. Dalam artikel ini sebagian besar saya akan mengulas cara meningkatkan kecepatan wordpress, namun beberapa teknis bisa dilakukan juga dengan blog atau websitenya.

Sebelum ke pembahasan anda bisa melakukan test kecepatan hosting dulu biar tidak percuma meningkatkan performa wordpress tapi hostingnya juga lambat.

cara meningkatkan kecepatan wordpress

Kita sudah tentu mengetahui kalau WodPress dan Blog yang memiliki kinerja buruk dan kecepatan loadingnya lambat kemungkinan googlebot susah untuk mengcrawl website kita, ini telah terbukti berdasarkan pengalaman yang sudah lama terjun di dunia blogging. Kalau anda masih ragu silahkan coba tambahkan beberapa widget dengan javacript di sidebar atau footer kalian dan tunggu beberapa hari kemungkinan visitor akan menurun. Tentu saja itu telah saya alami ketika masih awal-awal kenal dengan blog, malah lebih suka mempercantik blog dengan hal-hal yang tidak berguna padahal pengunjung datang ke web kita bukan untuk melihat tampilan blog melainkan untuk melihat informasi yang mereka butuhkan.

Dalam mengoptimalkan situs website khususnya WordPress dan blogspot salah satunya mengurangi widget yang tidak terlalu penting apalagi yang mengandung javascript, namun di sisi lain masih banyak cara meningkatkan kecepatan website ini agar kinerjanya lebih optimal.

Nah untuk menjawab pertanyaan di atas lihat dibawah ini saya akan buat daftar isi untuk memudahkan konten apa saja yang telah saya siapkan dalam mengoptimalkan kinerja WordPress.

Cara terbaik mengoptimalkan blog WordPress

Mengapa kecepatan adalah hal yang paling penting untuk kecepatan WordPress?

Studi menunjukan dari tahun 2000-2006, rentang perhatian manusia telah menurun sekitar 12 detik sampai 7 detik.

Apa hubungannya dengan kita sebagai pemilik blog WordPress?

Artinya kita hanya memiliki waktu sekitar 7 detik paling sedikitnya untuk menunjukan konten berkualitas kita kepada pengunjung website untuk meyakinkan kalau konten kita dapat bermanfaat.

Sebuah situs web kalau loadingnya lambat maka dalam 2 detik juga pengunjung merasa kesal dan pergi meninggalkan website kita. Hal ini akan meningkatkan persentase tingkat bounce dalam sebuah blog.

Menurut studi kasus Starengeloop terhadap Google, Amazon, dan website raksasa lainnya. Loading website dengan delay 1 detik beban waktu pada halaman situsnya dapat menyebabkan kehilangan 7% konversi, paling sedikit 11% pageviews, dan kehilangan 16% kepuasan pelanggan terhadap situsnya . Wow bayangkan tingkat konversi dalam 7% bisa-bisa kehilangan puluhan bahkan ratusan ribu dollar. Apalagi pageviews google dan amazon 1 persen saja sudah tidak terbayangkan berapa pageviews. Silahkan cermati.

strangeloop speed study

strangeloop speed study

Dengan study di atas algoritma google sekarang telah memperbarui bahwa user yang memiliki blog dengan loadingnya lambat akan menurunkan blog di posisi search engine. Berarti traffic pengunjung blog kita juga akan semakin rendah.

Itulah sebabnya mengapa kecepatan blog adalah hal yang paling penting untuk SEO kita, jika anda menginginkan traffic dan pendapatan yang meningkat maka anda harus tingkatkan kecepatan loading blog anda juga.

Cara memeriksa kecepatan loading blog

Banyak kesalahpahaman dalam kecepatan blog ini terutama mereka yang masih pemula. Mereka menganggap bahwa blog yang dimilikinya sudah merasa cepat padahal itu hanya di komputer sendiri belum berarti cepat juga di komputer lain.

Kenapa?

Karena pada umumnya browser sekarang lebih baik daripada dulu seperti chrome dapat menyimpan beberapa cache, sehingga membuka blog milik sendiri akan lebih cepat di akses karena sebelumnya browser yang ada pada komputer kita sudah sering mengakses blog sendiri dengan beberapa URL yagn telah disimpan oleh si browser tersebut.

Sedangkan user yang pertama kali mengakses sebuah blog dari sanalah browser belum menyimpan cache, hal ini tidak akan terlihat secepat browser yang sebelumnya telah mengakses blog anda.

Jadi jangan berpikir kalau blog kita itu cepat sebelum di test dulu oleh beberapa tool di bawah ini.

Tool Pindoom

Ini adalah salah satu website yang bisa menguji kecepatan blog kita, bisa memilih dengan lokasi server yang berbeda.

tool pingdom menguji kecepatan blog

tool pingdom menguji kecepatan blog

Seperti pada gambar di atas anda bisa mengecek kecepatan blog dari server yang berbeda-beda seperti dari Dallas, Texas, USA | Melbourne, Austalia | New York City, USA | San Jose, California, USA dan Stockholm Sweden.

GTmetrix

Kedua tool untuk mengecek kecepatan blog saya selalu menggunakan GTmetrix karena banyak fiturnya di banding pingdom.

gt metrix test kecepatan blog

gt metrix test kecepatan blog

Silahkan anda coba satu-satu mana yang lebih nyaman menurut anda. Menurut saya kedua tool tersebut cukup akurat.

Summary

Menurut beberapa pengguna blog tingkat beban waktu yang di akses untuk wordpress adalah dibawah 5 detik, lebih cepat lebih baik namun usahakan blog anda jangan sampai lebih dari 5 detik.

cara optimasi kecepatan blog dan website

Contoh cek kecepatan, ini kecepatan blog rezzaid cuman bisa load 4 detik padahal page size tidak terlalu besar

Apa saja yang menyebabkan blog WordPress anda lambat?

Mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan terjadinya blog WordPress anda lambat adalah salah satu kunci untuk meningkatkan kecepatan WordPress.

Inilah beberapa faktor utama blog anda lambat:

Web Hosting – Seperti yang telah saya jelaskan di atas hosting juga dapat berpengaruh terhadap kecepatan blog WordPress.

WordPress Konfigurasi – Jika situs WordPress anda tidak melayani halaman cache, maka akan membebani server anda sehingga menyebabkan blog anda menjadi lambat.

Halaman Ukuran – Terutama gambar yang tidak dioptimalkan untuk blog.

Plugin yang buruk – Jika anda menggunakan plugin yang memiliki kode script buruk, maka dapat secara signifikan memperlambat blog anda.

Script external – skrip eksternal seperti iklan, loader font, dll juga dapat memiliki dampak besar pada kinerja website anda.

Sekarang anda tahu penyebab yang dapat memperlambat blog, mari kita lihat cara mempercepat loading blog wordpress.

Pentingnya WordPress Hosting

WordPress hosting adalah fitur terbaru yang disediakan oleh penyedia hosting, khusus bagi anda yang hanya memiliki blog dengan CMS WordPress. Fitur ini mempunyai kelebihan yang banyak di banding share hosting. Berikut kelebihan WordPress Hosting:

  1. WordPress Toolkit : Mengelola themes, plugin, one-click hardening, dan WordPress security scanning untuk semua instalasi WordPress Anda dari satu tempat. Tak perlu lagi login ke masing-masing instalasi WordPress untuk melakukan semua itu.
  2. Plesk : Control Panel Berbeda dengan control panel lain, Plesk memudahkan pengelolaan WordPress Hosting Anda dengan interface yang sangat intuitive dan mudah dipahami. Plesk Control Panel dibuat untuk kemudahan WebOps.
  3. LiteSpeed Web Server : LiteSpeed Webserver adalah server web dengan keunggulan kecepatan proses yang paling optimal. Hasil benchmark menunjukkan bahwa LiteSpeed Web Server mampu mencapai 3885% lebih cepat daripada Apache.
  4. Full HTTP/2 Support : HTTP/2 memungkinkan page load yang lebih cepat untuk HTTP maupun HTTPS. Dikembangkan dari SPDY Google, HTTP/2 adalah pengembangan pertama yang cukup radikal sejak 20 tahun silam dari HTTP standard.
  5. WordPress Accelerator : Menjadikan WordPress Anda 10x lebih cepat dengan plugin khusus dari LiteSpeed Web Server. Plugin ini dibuat untuk memaksimalkan kecepatan WordPress yang berjalan di atas LiteSpeed Web Server.
  6. Free SSL : Dapatkan peringkat yang lebih baik di Google dengan menggunakan SSL/HTTPS gratis dari Let’s Encrypt. Cukup dengan beberapa langkah saja website anda akan menggunakan SSL dan dapat diakses melalui HTTPS.

WordPress hosting yang memiliki kecepatan terbaik adalah [af_link id=”2139″ rel=”nofollow” target=”_blank” title=”Hostgator”]Hostgator[/af_link] dan [af_link title=”Bluehost” rel=”nofollow” target=”_blank” id=”2022″]Bluehost[/af_link].

Namun jika anda tidak ingin menggunakan layanan internasional maka ada alternatif lain penyedia layanan hosting lokal menurut pengalaman saya meskipun tidak menggunakan WordPress hosting. Saya menggunakan [af_link id=”2299″ title=”Ardhosting” rel=”nofollow” target=”_blank”]Ardhosting[/af_link] karena sudah menggunakan litespeed server lebih baik daripada apache maupun nginx, dan satu lagi yaitu [af_link title=”Niagahoster” id=”2023″ rel=”nofollow” target=”_blank”]Niagahoster[/af_link].

Tips Mempercepat dan Mengoptimalkan wordpress dengan Mudah (no coding)

Kita tahu bahwa membuat perubahan pada konfigurasi isi dalam sebuah blog WordPress itu tidak mudah terutama seorang yang pemula.

Tapi jangan khawatir anda tidak sendirian. Kita sama-sama belajar disini apa yang saya bisa akan share disini untuk mengoptimalkan blog WordPress anda.

Saya akan menunjukan cara mengoptimasi agar blog kita lebih cepat dari sebelumnya bahkan tidak perlu coding sendiri. Cukup klik saja maka blog anda wwusshh wuushhh.

Memasang wordpress plugin caching

Page blog khususnya WordPress adalah type page dinamis, wordpress harus melakukan beberapa proses membaca untuk menjalankan informasi yang ada di back end post atau page. Membaca semuanya bersama-sama kemudian ditampilkan di halaman depan seperti artikel yang anda lihat sekarang.

Tentunya proses ini akan banyak memakan source (sumber) yang akan memperlambat loading blog anda ketika mendapat pengunjung yang tinggi secara bersamaan.

Itu sebabnya saya memberikan saran setiap blog WordPress untuk menggunakan plugin cache. Plugin caching akan mempercepat blog WordPress sampai 200%.

proses plugin caching

proses plugin caching

Pada gambar di atas menunjukan beberapa proses yang telah dimuat dalam blog WordPress. Ketika pengguna mengakses blog, mereka menginput beberapa informasi dari PHP kemudian mengambil informasi database MyQL. PHP dan MySQL di satukan dalam Konten HTML maka muncullah konten-konten seperti artikel, halaman depan, widget dan lainnya.

Tentu saja proses tersebut lumayan panjang bila tanpa plugin caching. Sebaliknya jika menggunakan plugin caching maka beberapa tahap akan di potong ketika pengguna telah mengunjungi blog tersebut karena sebelumnya telah memiliki cache di dalam browser pengguna.

Ada banyak plugin cache tersedia dengan gratis dalam diretory plugin WordPress tapi saya sarankan menggunakan plugin WP Super Cache.

Note: jika anda menggunakan WordPress Hosting, anda tidak memerlukan plugin ini karena sudah ada fitur cache nya. Juga dengan LiteSpeed web server seperti yang diberikan Ardhosting sudah saya coba plugin caching tidak bekerja dengan baik tentunya karena LiteSpeed juga sudah memiliki cache otomatis.

Updated: Untuk Litespeed Web Server dapat mengkolaborasikan dengan plugin Litespeed Cache, namun saya belum mencobanya.

Optimalkan gambar untuk kecepatan blog

Peneliti menemukan bahwa konten dengan tambahan visual seperti gambar dan video 80% dapat menarik perhatian pengunjung untuk membaca konten lebih lama lagi. Gambar membawa kehidupan untuk konten kita.

optimasi gambar

Tetapi jika anda tidak mengoptimalkan gambar, akan berdampak terhadap loading blog. Bukannya membantu memperindah konten kita tapi malah memperburuk.

Saya sarankan sebelum anda mempublish foto/ gambar edit lah gambar tersebut menggunakan software image seperti adobe photoshop. Pada umumnya gambar yang belum di optimasi memiliki size besar. Dengan menggunakan software anda bisa kompress hingga 5x lebih kecil sehingga mengurangi load pada blog anda.

Gambar dari Strangeloop di bawah ini perbedaan beberapa optimasi dengan cara kompress gambar

speedchart

Untuk mengkompress gambar menggunakan software photoshop kalian bisa dengan cara:

  1. Klik file pada menu tab
  2. Export, kemudian
  3. Pilih save for web.

Pilih format sesuai kebutuhan, kalau gambar transparan gunakan format PNG. Sedangkan JPG digunakan jika gambar tidak memiliki background transparan, hal ini akan mengkompress size file hingga 5x lipat.

Anda juga bisa menggunakan plugin compress otomatis seperti plugin:

Hapus plugin yang tidak perlu

Gunakanlah plugin WordPress sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai blog kita terlalu banyak menggunakan plugin. Ini akan mengakibatkan file script blog susah di load apalagi jika plugin yang memiliki script yang buruk seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Berikut ini beberapa alasan kenapa plugin dapat memperlambat blog:

  • Tentu saja data yang akan diambil dari source plugin akan mengambil banyak ruang dari database, seperti plugin statistik yang ada pada jetpack. Hal ini akan memungkinkan membuat nama baru dan data ke database kita.
  • Panggilan script external, Sulit untuk mengoptimalkan halaman blog WordPress yang membuat panggilan terlalu berlebihan untuk layanan eksternal. Misalnya tombol berbagi media sosial, dapat memperlambat halaman blog anda dengan setengah detik atau lebih.
  • Akan meningkatkan kinerja database & server, Permintaan Konstan ke database dapat menempatkan banyak ketegangan pada CPU server Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko pelambatan CPU dan memiliki efek yang merugikan pada kinerja website.

Gunakan themes WordPress ringan dan memiliki struktur kode yang baik

Carilah themes WordPress yang simple but flexible, theme yang gratis namun bagus juga banyak dalam directory WordPress. Sebelum memilih pastikan lihat dulu review themes WordPress apa saja fitur-fiturnya dan lihat struktur kode yang dimilikinya dan jangan lupa siapa pengembangnya.

Para pemula biasanya tanpa memperhatikan ketiga hal itu mereka asal comot saja bahkan themes WordPress nulled atau sering dikatakan theme cracked di ambil saja padahal kita tidak tahu script apa saja yang ada dalam theme tersebut. Hal ini bisa menjadi boomerang untuk keamanan blog kita.

Pilih yang memiliki fitur responsive, ringan, dan tentu saja harus SEO Friendly.

Optimasi Homepage

Bagian homepage adalah bagian paling penting untuk meningkatkan sebuah blog. Selain membantu googlebot untuk lebih cepat meng-crawl blog kita, pengunjung juga sering kali melihat halaman utama ini.

Rekomendasi optimalkan homepage:

  • Mengurangi jumlah posting pada halaman depan (gunakan sesuai kebutuhan antara 5 sampai 10 postingan)
  • Hapus plugin tidak aktif di WordPress anda dan kurangi widget yang tidak perlu
  • Buat minimalis, karena pengunjung anda datang untuk konten dengan kata kunci tertentu , bukan untuk melihat widget anda

Tips Optimasi Kinerja WordPress (Best practices)

Setelah menginstall plugin cache, optimasi homepage dan optimalkan gambar, anda akan merasakan kecepatan loading blog dari sebelumnya.

Tetapi jika anda ingin merasakan kecepatan yang lebih cepat lagi, anda harus mempraktekkan tips-tips berikut ini. Tips kedua ini tidak terlalu ke teknis sehingga anda tidak perlu tahu kode apapun untuk mempraktekkannya. Namun tentu saja penggunaannya akan memperlambat blog anda jika tidak di pahami.

WordPress blog harus tetap up to date

Sebagai proyek open source tentu saja harus dirawat dengan baik, WordPress harus sering diperbarui ketika ada pembaruan terbaru.

wordpress updated

Selain pembaruan dengan memberikan fitur-fitur terbaru, WordPress juga akan memperbaiki masalah-masalah yang telah ditemukan sebelumnya seperti masalah keamanan, source code. Dan tentu saja theme dan plugin juga harus tetap up to date.

Sebagai pemilik blog, kita harus terus berusaha untuk merawat theme, plugins maupun directori WordPress kita untuk memperbaruinya. Meskipun tidak terlalu signifikan hubungannya dengan mempercepat kinerja blog namun hal ini berkaitan dengan keamanan data anda.

Gunakan kutipan atau excerpt pada postingan halaman utama

Secara default WordPress menampilkan seluruh isi postingan pada situs dan arsip blog. Ini berarti pada halaman utama, kategori, search, tag, dan halaman arsip postingan kita akan tampil secara penuh tanpa kutipan readmore, baca selengkapnya, dan sebagainya.

optimasi kinerja wordpress

Hal ini akan memperlambat kinerja blog WordPress, kelemahan lainnya dalam menampilkan seluruh artikel yaitu ketika para pengunjung membaca maka mereka tidak akan merasa perlu melihat isi artikel sebenarnya karena sebelumnya artikel sudah ditampilkan seluruhnya.

Hasilnya pageviews pun akan berkurang dan tidak hanya sedikit menghabiskan waktu di dalam blog anda.

Dalam meningkatkan kinerja blog WordPress anda bisa melakukan dengan cara menambah readmore atau baca selengkapnya sehingga visitor pun akan melihat isi yang sebenarnya.

Caranya cukup mudah anda kunjungi setting kemudian pilih reading pada menu WordPresss.

wordpress display excerpts

Sesuaikan settingannya seperti pada gambar di atas, jika ingin menampilkan kurang dari 10 anda ganti saja point pertama tersebut.

Split kotak komentar pada halaman posting

Apakah dalam postingan anda memiliki banyak komentar? Selamat! berarti blog anda memiliki traffic yang baik.

older comments

Tapi dengan memuat komentar secara keseluruhan, hal itu akan mempengaruhi juga terhadap kecepatan blog. WordPress sudah memberikan pilihan untuk membagi beberapa halaman untuk komentar yang ingin ditampilkan. Caranya juga cukup mudah pergi ke setting >> discussion dan centang pada bagian “break comments into pages with”

paginatecomments

Artinya dalam setiap 50 komentar akan di bagi beberapa halaman sesuai dengan jumlah komentarnya, misalnya komentar anda ada 150 maka kotak komentar tersebut akan di bagi 3.

Gunakan CDN (Content Delivery Network)

Setiap kali visitor mengunjungi sebuah blog, browser mereka harus men-download file dari server di host. Waktu yang dibutuhkan untuk informasi ini yang akan diterima dikenal dengan waktu respon. Waktu respon ini hanya setengah detik biasanya, ketika menambahkan dalam ukuran file secara keseluruhan halaman diperlukan untuk dapat memuat ulang dan menambahkan hingga menjadi beberapa detik.

apa itu CDN

Misalnya, jika pusat data anda terletak di Singapure, seorang pengunjung dari Indonesia akan mendapatkan waktu respon yang lebih baik daripada seseorang yang terletak di US. Cara terbaik untuk mengatasi situasi ini adalah dengan cara menggunakan Content Delivery Network atau CDN.

CDN terbaik menurut saya yaitu MAXCDN namun fitur yang diberikan berbayar dengan harga yang cukup mahal, namun jangan khawatir yang gratisan juga ada seperti Cloudflare yang telah diketahui oleh para blogger.

Jangan upload video langsung ke WordPress

Sepertinya point ini sudah jelas, anda tidak harus upload video langsung ke dalam directory WordPress, karena secara otomatis akan menampilkan dengan pemutar video HTML5.

upload video

Hosting anda akan dikenakan bandwith sesuai dengan ukuran video. Anda harus menggunakan layanan video hosting seperti YouTube, Vimeo, DailyMotion, dll. Mereka memiliki bandwidth untuk itu! WordPress memiliki fitur video embed built-in, sehingga Anda dapat copy dan paste URL video anda langsung ke dalam posting dan itu akan menanamkan secara otomatis.

Meningkatkan Kecepatan dan Kinerja blog WordPress (Advance)

Setelah mengoptimalkan dan optimasi kinerja WordpPress anda akan melihat peningkatan yang besar terhadap loading blog anda. Meskipun hanya per sekaian detik tapi itu sangat berharga untuk kecepatan blog kita. Jika anda ingin mendapatkan kecepatan yang lebih maka anda harus membuat beberapa perubahan lagi.

Tips selanjutnya lebih ke teknis, dibutuhkan untuk memodifikasi file WordPress dibutuhkan sedikit pemahaman tentang dasar PHP. Sebelu melakukan perubahan pastikan backup terlebih dahulu data blog WordPre

ips berikut adalah sedikit lebih teknis, dengan beberapa membutuhkan Anda untuk memodifikasi file situs atau memiliki pemahaman dasar PHP . Anda akan ingin memastikan untuk backup situs Anda pertama hanya dalam kasus.

Tambahkan kode expired header dengan static resource

Expires header adalah sama hal nya seperti caching, cara ini untuk memberi tahu kepada user yang sudah mengunjungi blog dengan rentan waktu tertentu agar pengunjung lama tidak perlu melakukan cache ulang atau mengambil data lagi (CSS, gambar, javascript, dan masih banyak lagi).

Caranya cukup mudah, tambahkan kode di bawah ini ke dalam file .htaccess bisa melalui cpanel maupun plugin SEO (file editor).

 ExpiresActive On
 ExpiresByType image/gif A2592000
 ExpiresByType image/png A2592000
 ExpiresByType image/jpg A2592000
 ExpiresByType image/jpeg A2592000

Note: Bagi yang sudah menggunakan plugin cache seperti W3 Total Cache, WP Super Cache tidak perlu menggunakan script di atas karena sudah plugin tersebut sudah memiliki fitur expired header.

Nonaktifkan hotlinking dan leeching pada konten

Hotlinking adalah pencurian bandwith data biasanya terjadi pada format gambar seperti JPG, GIF, PNG yang diambil oleh situs lain tetapi secara langsung berdasarkan URL tanpa re-upload kembali. Hal ini akan memberatkan terhadap bandwith kita ketika situs lain mengakses kontennya yang memiliki gambar dari situs kita.

Untuk mamatikan hotlinking ini ada dua cara.

Pertama

Anda bisa masukkan kode berikut ini di file .htaccess

<pre class="brush: php; title: ; notranslate" title="">RewriteEngine on
 RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$
 RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www\.)?rezzaid.com [NC]
 RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http(s)?://(www\.)?google.com [NC]
 RewriteRule \.(jpg|jpeg|png|gif)$ – [NC,F,L]</pre>

Ganti rezzaid.com dengan domain kamu

Kedua

Dengan memanfaatkan fitur hotlinking dari Cpanel anda.

Disable pingback dan trackback

Secara default fitur WordPress pingback and trackback ini aktif, memungkinkan untuk melakukan interaksi dengan blog lain. Fungsinya untuk memberitahu jika ada blog yang memberikan URL aktif kepada kita. Namun tetap tidak akan mematikan backlink ke situs kita.

Caranya cukup uncheck di bagian menu discussion seperti pada gambar di bawah.

discussion settings

Gunakan Gzip Compression

Gzip Compression adalah salah satu faktor untuk meningkatkan kecepatan loading sebuah website dan blog. Sederhananya Gzip di kompress maka pada situs kita akan mengurangi jumlah data dari server kita ke browser pengunjung sehingga membuat lebih cepat dalam setiap membuka page nya.

Selengkapnya

Optimalkan database

Konfigurasi default dari WordPress sekarang tidak lagi efisien. Ini membuat banyak informasi yang mungkin tidak perlu dan akan menambah ukuran database dengan mempertahankan komentar spam, item sampah dan pasca revisi konten. Posting revisi merupakan salah satu alasan utama database WordPress membengkak menjadi besar. Selain menyimpan sebuah autosave, Database WordPress akan menyimpan salinan dari setiap rancangan ketika anda pernah menyimpan posting dan halaman.

Untuk hal ini bagi anda pengguna WordPress supaya kecepatan blog bisa optimal, anda bisa install salah satu plugin andalan saya yaitu WP-Optimize. Plugin ini memiliki fungsi untuk menghapus secara otomatis pada komentar spam dan juga autosave karena revisi pemuatan konten atau halaman.

Dengan plugin tersebut anda tidak perlu lagi untuk membatasi jumlah revisi pada posting maupun artikel, kapan saja bisa mengapus hanya dengan satu klik.

tips meningkatkan dan mempercepat blog wordpress

Tapi jika kalian masih ingin membatasi jumlah revisi pada posting dan halaman tenang saja saya akan kasih tahu baca selanjutnya.

Cara membatasi jumlah revisi post

Anda bisa membatasi jumlah revisi post dengan cara memasukkan kode berikut ke dalam file wp-config.php

define( 'WP_POST_REVISIONS', 4 );

Terakhir

Minify CSS, HTML dan Javascript

Dalam bagian terakhir ini ada dua cara, yaitu cara otomatis dan cara yang manual.

1. Cara otomatis,  sudah tersedia dalam fitur plugin WP Super Cache atau W3 Total Cache tinggal enable saja. Sedangkan

2. Secara manual, anda harus total edit semua CSS, Html, dan Javascript anda dengan bantuan tool CSSMinifier.com.

Minify CSS

Caranya anda masuk ke cpanel hosting anda kemudian cari directory style.css biasanya dalam root folder/wp-content/themes/namathemesanda/style.css

minify css

Note: Backup terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan/ tutorial ini

Kemudian klik kanan >> code edit. Copy dan pastekan kode CSS anda ke web/ tool CSSMinifier pada bagian kiri input CSS, lihat pada gambar.

hasil minify css

Setelah itu akan muncul CSS yang telah di minify, copy dan paste kan code yang sudah di minify tadi ke style.css (ganti) kemudian save style.css anda.

Minify Javascript

Untuk minify .js caranya sama seperti tutorial di atas namun yang di minify adalah javasript, dan menggunakan tool JavascriptMinifier

Caranya cari setiap file .js anda dalam direktori root folder/wp-content/themes/namathemesanda/js/disinifile.js

Lalu copas seperti cara di atas dan gantikan script nya.

Sekali lagi backup terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan/ tutorial ini

HTML minify

Menggunakan tool http://minifycode.com/html-minifier/ dan caranya pun sama.

Itulah penjelasan cara meningkatkan kecepatan WordPress dan optimasi kinerja blog. Jika anda ada pertanyaan maupun pernyataan atau ingin menambahkan dan mengoreksi artikel ini, silahkan kontak saya di kotak komentar atau bisa langsung kontak saya melalui email.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

One Response

Ada yang ingin ditanyakan?