Beli paket skripsi untuk diskon hari ini
Download Skripsi Download lebih dari 3500 skripsi semua jurusan, cocok untuk referensi.

Cara Membuat Blog: Panduan Lengkap Untuk Pemula

Disini saya akan membahas cara membuat blog sendiri dengan lengkap mulai dari pengenalan apa itu blog/ website, tujuan, sampai ke tahap instalasi wordpress.org, blogspot, dan wordpres.com. Karena mungkin membuat blog dengan blogspot.com, wordpress.com sudah ada di forum resmi nya jadi saya skip saja disini khusus untuk wordpress.org

Halo selamat datang calon publisher blog!

cara membuat website sendiriSaya akan memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada kalian, tujuan kalian untuk membuat website wordpress itu untuk apa? mencari tambahan penghasilan kah? atau hanya sebatas melampiaskan isi hati dan pikiran dengan menari-nari di keyboard?

Bagi kalian yang mempunyai tujuan cuman sekedar ingin menulis bagus banget skip aja penjelasan ini. Kenapa? Karena disini akan saya ulas sedikit penjelasan bahwa banyak diluar sana yang memberikan step by step dengan lengkap untuk membuat blog dengan cepat dan mudah.

Memang dalam membuat blog sangat mudah sekali tinggal klik ini klik itu, tetapi menjadi seorang blogger yang sukses sangatlah susah.

Membutuhkan konsistensi dan ketekukan yang tinggi. Biasanya seseorang yang baru terjun ke dunia blogger mereka terkagum dengan seorang blogger yang sudah sukses atau mendengar bahwa blog itu sangat menjanjikan dan bisa menghasilkan uang. Padahal setelah di jalani tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan.

Dan akhirnya mereka malah cepat bosan karena beberapa penyebab.

Misalnya promosi yang kurang efektif, konten tidak berkualitas, kebanyakan suka ngutak ngatik template yang akan membuang waktu berharga kalian so ketiga hal itu saya sarankan jangan sampai dilakukan.

Saya ubah dulu disini mindset kalian agar tidak fokus terhadap hasilnya. Kenapa? Kebanyakan blogger pemula seperti saya maksudnya hehe membuat blog dengan asal-asalan.

Hasilnya malah membuat blog dengan banyak widget tidak penting, membuat blog gado-gado (banyak topik yang dibahas) dan akhirnya menghilang begitu saja bagai ditelan bumi karena blog nya sepi pengunjung.

Kita sebagai blogger usahakan niat untuk memberikan informasi dan manfaat yang lebih kepada pembaca dan pengunjung blogger

Tapi jangan khawatir!

Saya akan memberikan penjelasan juga agar menjadi blogger yang bisa berpeluang tinggi untuk sukses.

Kunjungi bab-bab di bawah ini untuk lebih jelasnya.

BAB 1. Memahami Glosarium blog

BAB 2. Menentukan Topik blog

BAB 3. Menentukan Platform blog

BAB 4. Memilih Nama Domain

BAB 5. Menyewa Hosting

BAB 6. Instalasi WordPress

Gimana sudah siap? Setelah kalian membaca artikel ini mengenai cara membuat blog sendiri, kalian akan bisa menciptakan blog yang menarik, bagus, blog yang cantik, yang tidak akan kalah bagusnya dengan blog terbaik di Indonesia yang sudah sukses.

Satu hal lagi sebelum melanjutkan disini ada topik-topik yang harus di pelajari dulu biar nanti tidak terlalu bingung.

Glosarium yang ada dalam dunia WordPress

Kebanyakan orang melupakan istilah-istilah yang ada dalam blog khususnya wordpress, akhirnya mereka googling terlebih dahulu setelah dibutuhkan. Usahakan mengerti dari dasar-dasar membuat blog wordpress.

LANGKAH KE 1

Silahkan baca panduan ini untuk membaca istilah-istilah yang ada dalam dunia blog

ISTILAH GLOSARIUM YANG ADA DALAM WORDPRESS

Glosarrium atau istilah kamus wordpress sering kali digunakan dalam dunia perbloggeran dengan mengetahui dasar singkatan kata-kata maka anda sedikitnya akan mengetahui dan paham terhadap kata yang akan di tampilkan nanti dalam suatu CMS.

Menentukan Topik Untuk Blog WordPress

Jangan sampai salah paham kalau topik itu sangatlah berperan penting dalam kemajuan blog anda, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa jangan sampai kalian memilih blog dengan pembahasan banyak topik itu akan membawa dampak buruk bagi kalian.

Kenapa?
Logikanya begini ketika kalian membuat web tidak sesuai dengan minat dan bakat, pasti saya yakin kalian akan cepat bosan, topik blog yang berantakan, topik tidak menarik karena menulis dengan asal-asalan.

Makanya silahkan tentukan dulu topik blog yang akan di pilih sangat direkomendasikan lebih spesifik lagi topik yang akan dibahas.

Misalnya anda ingin membahas topik gadget, pilih lagi gadget itu kan banyak platformnya seperti android, ios, windows phone. Nah anda memilih android tetapi disana bisa lebih spesifik lagi contoh dengan merk atau tipe ponsel dan lain-lain.

Topik sangat berkaitan dengan pundi-pundi uang, ya benar hal ini sangat penting untuk melihat apakah topik yang akan di bawakan akan dapat menghasilkan uang atau tidak? Lebih tepatnya uang yang dihasilkan dari segi besar dan kecil tergantung nilai CPC (Click per Cost).

Note: Jika kalian ingin mempunyai web dalam jangka waktu yang panjang usahakan jangan mengambil niche web yang berhubungan dengan permasalahan hukum, misalnya menyediakan konten judi, download software ilegal, musik (MP3), konten dewasa dan sebagainya.

LANGKAH KE 2

Untuk lebih jelasnya anda bisa pantau dulu 112 contoh topik web lengkap beserta tingkat pencarian per bulan dan CPC nya.

112 CONTOH NICHE BLOG UNTUK ADSENSE

Pada umumnya orang yang serius menjadikan sumber penghasilannya akan memilih niche web yang paling bagus terutama tingkat pencarian dalam 1 bulannya tinggi begitu juga dengan Cost per Click nya. Google lebih suka pada web dengan satu topik karena mereka menilai bahwa pemilik blog memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Akan mudah cepat di percaya daripada web yang memiliki banyak niche yang sering kita sebut web gado-gado.

Menentukan platform mesin blog

Setelah itu kita lanjutkan ke masalah yang paling mudah yaitu memilih mesin web untuk dijadikan sebagai hosting kita selain domain. Yang saya jelaskan disini ada 3 platform mesin web karena ketiga ini merupakan salah satu platform paling populer di kalangan blogger. Apa saja itu?

  1. Blogger (hosted)
  2. WordPress.com (hosted
  3. WordPress.org (self hosting)

Lalu apa perbedaannya?

LANGKAH KE 3

Silahkan simak pembahasannya dibawah ini perbedaan blogspot, wordpress.com, dan wordpress.org

MANA YANG LEBIH BAIK? WORDPRESS.ORG VS WORDPRESS.COM VS ATAU BLOGSPOT?

Seorang blogger yang baru pasti kebingungan memilih mana untuk platform mesin blog nya. Seperti saya dulu belum tahu apa-apa mengenai hal ini dan apa perbedaanya. Mari simak sedikit penjelasan dari saya kelebihan dan kekurangan dari masing-masing platform wordpress.org, wordpress,com dan blogspot.

Memilih Nama Domain

Domain juga jangan sampai dilupakan. Jika kalian ingin mempunya blog yang unik usahakan memiliki nama domain sendiri karena ini akan menjadi brand web kalian bagaimana mereka bisa mengetahui dan mengingat web kalian. Daftarlah domain dari registrar yang sudah terkenal boleh di dalam negeri maupun luar negeri.

cara membuat website sendiri

Diluar sana banyak penyedia domain dengan fitur yang gratis seperti co.cc, cz.cc, .tk, dan sebagainya namun saya sarankan juga menggunakan domain TLD (top level domain) seperti .com agar website dan blog kita nanti terlihat lebih professional di mata pengunjung. Lagian harga domain sekarang mudah di dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Domain dan hosting saling berhubungan makanya jika kalian masih bingung daftarlah domain dan hosting dalam satu provider/ penyedia hosting. Supaya nanti kalian tidak usah setting nameserver domain ke hosting yang tidak sama dengan penyedia domain.

LANGKAH 4

Misalnya anda hosting di A domainnya beli di B, maka anda perlu menghubungkan domain itu ke hosting A dengan memperbarui name server (DNS).

15 TIPS MEMILIH NAMA DOMAIN YANG BAGUS

Memilih nama domain blog adalah salah satu hal terpenting untuk sebuah situs karena domain akan menjadi brand kita sebagai identitas nanti. Biasanya seorang blog pemula kebanyakan tidak memikirkan dengan matang ketika memilih nama domainnya.

Menyewa Hosting

Hosting di ibaratkan penyimpan data yang ada dalam komputer kita sebagai back-end untuk menampilkan semua isi data blog. Hal ini akan tampil halaman depan seperti konten yang sekarang kalian baca ini. Data tersebut berupa script, file, foto-foto dan sebagainya.

cara membuat website gratis

Kita harus teliti dalam memilih hosting yang akan kita gunakan agar website dan blog kita berjalan dengan baik dan proses loading nya cepat.

Secara singkat domain itu nama website/ blog kita, blog ini namanya rezzaid.com dan tempat penyimpannya dinamakan hosting.

Domain dan hosting tidak dapat di beli secara permanen artinya kita hanya bisa menyewa setiap bulan/ tahun.

Maka dari itu saya sarankan memiliki penyedia layanan hosting dan domain yang berkualitas, saya rekomendasikan di:

LANGKAH KE 5

Domain: NameCheap
Hosting internasional: Hostgator atau bluehost
Hosting nasional: Niagahoster, Ardhosting (litespeed)

Itu terserah kalian, jika kalian ingin mempunyai blog berbahasa indonesia saya lebih memilih menggunakan server Indonesia (IIX) dan Singapura (SG). Sedangkan web berbahasa inggris gunakan hosting Internasional (US).

Nah sekarang adalah inti dari pembuatannya yang paling penting, tentu saja sebuah web tidak akan berdiri jika tidak di bangun benar kan? Terus bagaimana cara membuat blog dari WordPress?

Instalasi blog dengan platform WordPress self hosting

Dalam penjelasan ini saya akan menjelaskan cara membuat blog sendiri dengan WordPress dari hosting dan domain rumahweb biar kalian lebih gampang mempraktekannya di banding hosting di luar indonesia. Tentu saja saya yakin kalau calon blogger awalnya akan menggunakan hosting lokal saja untuk belajar dan mengembangkan blognya.

LANGKAH KE 6

Silahkan menuju tutorial di bawah ini untuk mempelajari lebih lengkapnya.

INSTALASI WORDPRESS HANYA 1 KLIK

Proses ini memang sangat mudah namun bagi calon blogger yang belum tahu apa-apa mungkin sedikit membingungkan dan harus ada panduan yang lebih rinci biar tidak salah langkah. Silahkan ikuti tutorial instalasi WordPress ini untuk melihat prosesnya.

Cara Membuat blog Sendiri dengan WordPress, 1 klik 1 menit dengan Softaculous

Gimana sekarang kalian udah punya hosting dan domainnya? topiknya sudah di tentukan? semua langkah 5 khususnya udah dilakukan kan?

Sekarang saatnya install web WordPress dengan software yang sudah disediakan dalam cpanel hostingnya namanya Softaculous.

Langkahnya

Pertama silahkan kalian login ke cpanel masing-masing, di cpanel yang namanya SOFTACULOUS kemudian pilih aplikasi WordPress disana.

Nanti akan ada tampilan dashboard instalasi WordPress seperti di bawah ini

Cara membuat website dengan wordpress

Nah itulah penjelasan cara buat blog WordPress.org, sampai disini kalian sudah mengetahui beberapa hal. Apa saja itu?

  1. Memahami glosarium WordPress
  2. Menentukan topik web
  3. Menentukan platform weeb
  4. Memilih nama domain
  5. Sewa hosting, dan
  6. instalasi WordPress
  7. Setting WordPress
  8. Posting konten di WordPress

Lalu apa selanjutnya? Sampai tahap ini kalian belum selesai. Kenapa? Justru itu ini baru tahap awal. Tahap selanjutnya bagaimana kalian bisa menghasilkan dari web, menjadikan web WordPess agar lebih SEO friendly supaya dapat web kita di urutan pertama atau page one google dan mempercantik web WordPress sesuai dengan keinginan. Tapi jangan khawatir dalam blog sederhana ini saya akan share beberapa hal yang penting khusus

Tapi jangan khawatir dalam blog sederhana ini ada beberapa hal yang penting khusus tutorial WordPress untuk kalian silahkan gunakan search di sidebar kanan untuk mencari artikel yang anda inginkan.

TELUSURI SEMUA TUTORIAL WORDPRESS

Supaya kalian tidak cape-cape searching di blog ini apa yang harus dilakukan setelah selesai membuat blog sendiri dengan WordPress selanjutnya silahkan lihat tutorial di bawah ini secara beruturan (BAB).

BAB 1

Cara Setting WordPress Agar SEO Friendly

Pada pengaturan umum dalam hal ini terdapat beberapa fitur yang harus kita isi. Ada judul situs dan slogan biasanya fitur tersebut sudah terisi secara default saat kita buat/ menginstal WordPress jika sobat ingin menambahkan atau edit judul situs dan slogan disinilah mereka berada.

BAB 2

Apa itu Plugin dan Kegunaannya?

Plugin merupakan salah satu yang paling penting dan harus diketahui bagi seorang pengguna WordPress karena inilah fitur yang akan dipakai untuk blog sobat. plugin juga berfungsi untuk meningkatkan fungsionalitas tersendiri yang ditanamkan dalam setiap blog WordPress.

BAB 3

11 Plugin Terbaik yang Wajib di Install di WordPress

Seperti yang dipaparkan di wikipedia saat ini di perpustakaan plugin WordPress mencapai 40.501 plugin yang tersedia per bulan november 2016 dan akan bertambah jumlahnya. Dari sekian banyaknya plugin WordPress tentu saja kita tidak akan memasang semuanya bukan?

BAB 4

Apa yang Harus di Posting Pertama Kali Setelah Membuat Blog?

Saya sudah membuat blog, namun saya tidak mengetahui apa yang harus ditulis dalam posting pada blog yang baru dibuat? Pertanyaan ini memang sering ada dibenak kita ketika sudah membuat blog baru khususnya blogger pemula.

BAB 5

Rahasia Menulis Artikel (Konten) Agar SEO Friendly

Selain memikirkan backlink berkualitas, pemilihan template seo friendly, dan keyword yang sering dicari pengunjung cara menulis artikel yang berkualitas pun menjadi patokan yang sangat penting bagi para blogger.

BAB 6

Cara Membuat Privacy Policy, TOS, Disclaimer dengan Mudah

Semua blog mengumpulkan informasi tentang pengunjungnya dengan cara yang berbeda. Di banyak negara (termasuk Indonesia). Blog/website diwajibkan oleh hukum untuk memberikan informasi yang mereka kumpulkan kepada pengunjungnya dengan cara bagaimana informasi ini digunakan.

Waduh panjang juga ternyata yah yang harus dilakukan setelah selesai membuat blog sendiri!

Tenang saja jangan terlalu buru-buru membaca semuanya, silahkan bookmark saja pembahasan ini kapan-kapan balik lagi kesini untuk melanjutkan langkah selanjutnya. Ingat mending sedikit membaca langsung praktek daripada banyak membaca teori tapi tidak praktek-praktek nanti otak malah ngebul lagi hehe.

Alhamdulillah ternyata anda sekarang sudah punya web yah, silahkan share beritahu teman anda kalo kalian sekarang sudah mengerti cara membuat blog WordPress.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

2 Comments

Ada yang ingin ditanyakan?