Cara Jitu Meningkatkan SEO Website

Cara Jitu Meningkatkan SEO Website- Postingan kali ini saya akan share bagaimana cara jitu meningkatkan SEO Website berbasis CMS (Content Management System) WordPress. Sebelumnya saya sudah menjelaskan yang berkaitan dengan SEO ini yaitu Tips Agar Blog Menjadi Nomor Satu Di Google.

Kenapa SEO harus dioptimalkan pada WordPress atau Website kita?

Sederhananya begini, jika SEO bisa dioptimalkan dengan kita otomatis website atau wordpress kita juga meningkat karena dengan optimasi ini kita bisa berada diposisi teratas pada mesin pencari, dengan begitu pengunjung dan traffic website kita juga lambat laun meningkat. SEO ini sangatlah penting, ketika SEO kita bisa diptimalkan maka bisnis kita bisa melonjak naik, jika kita tidak mengoptimalkan SEO ini orang tidak akan tahu apa yang ada didalam website kita kalau tanpa mengenalkan secara media iklan atau atau blog walking.

Bagaimana cara meningkatkan SEO pada website/ wordpress kita?

  1. Buatklah konten yang menarik, menurut saya konten ini adalah prioritas utama karena dengan konten yang menarik dan berkualitas pengunjung bisa betah untuk membaca dan bahkan bisa berkeinginan untuk membaca artikel-artikel yang lainnya dnegan penasaran. Sederhananya setiap orang mencari artikel dengan hasil yang puas atau sesuai apa yang dicarinya, jika konten kita sesuai dengan apa yang dicari para pengunjung maka website bisa dijadikan referensi dan suatu saat pengunjung tersebut datang kembali untuk mencari artikel-artikel yang lainnya. Saran saya update lah konten Anda secara rutin dan konsisten, cukup 1 minggu sekali jika sedang sibuk, jangan sampai website kita terlihat seperti kuburan tanpa ada kehidupannya karena konten tidak ada yang baru.
  2. Optimalkan konten Anda dengan kata kunci, ketika kita tidak mengoptimalkan konten dengan keyword bagaimana bisa google atau search engine lainnya mengindeks artikel-artikel kita?
  3. Optimalkan konten dengan judul H1, subjudul h2-h3 karena mesin pencari seperti google sangat menyukai konten seperti ini dan terlihat rapih untuk dibaca.
  4. Design website, disisi lain desain ini sangatlah penting untuk menarik perhatian pengunjung tetapi jangan terus-terusan memikirkan desain biasanya ini terjadi pada blogger pemula seperti saya, update konten jarang. Jadi buatlah design website yang menarik dan responsive dalam hal ini buat tema website kita mudah diakses oleh semua browser dan semua perangkat. Jaman sekarang kan kebanyakan searching artikel menggunakan mobile smartphone kadang males buka pc dulu.
  5. Mengoptimalkan gambar dengan ALT Tag, Bagaimana caranaya? caranya sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan plugin jikalau menggunakan wordpress self hosting seperti plugin wordpress seo friendly. Jika Anda tidak ingin menggunakan plugin, jangan patah hati. hehe kaya apa aja patah hati ya 😀 Anda bisa memakai ALT tag secara manual. Misalnya ketika Anda upload gambar disisi kanan ada fitur untuk menambahkan keterangan, alt, maupun deskripsi. Nah isilah gambar tersebut bisa dengan keyword atau deskripsi website Anda. Dengan memakai Alt tag ini berfungsi untuk memberikan deskripsi pada gambar suapay gambar bisa diindex dan mengundang pengunjung.
  6. Buatlah Permalink yang SEO Friendly, saya yakin semua blogger sudah tau apa itu namanya permalink. Permalink adalah URL pada postingan kita. Anda bisa lihat dibawah ini saya memakai permalink dengan kategori dan postname karena banyak para webmaster bahwa permalink tersebut sangat disukai oleh google dan bisa menjadikan keyword dalam mesin pencari.
    Cara mengingkatkan seo wwebsite blog
  7. Gunakan plugin WordPress SEO by Yoast atau plugin all in one seo pack, Saya sarankan plugin ini ada disetiap cms wordpress dan sangat bermanfaat pilih salah satu saja.
  8. Buatlah Sitemap[.]xml, Buatlah sitemap pada wordpress anda bisa menggunakan plugin google sitmap atau seo by yoast disana sudah ada fitur untuk membuat sitemap ini, submit ke google dan bing agar URL dan website Anda terindex langsung ketika membuat posting terbaru.
  9. Buat nama domain website anda dari non-www ke www atau sebaliknya, pilih salah satu. karena untuk menghidari duplicate konten dengan cara memasukkan script dibawah ini ke .htaccess

    RewriteEngine On
    RewriteCond %{HTTP_HOST} ^rezzaid.com [NC]
    RewriteRule ^(.*)$ http://www.rezzaid.com/$1 [L,R=301]

  10. Gunakan Share Social Networking di website dan konten anda, dengan ini memungkinkan website anda dapat di share di berbagai macam media sosial untuk mempromosikan maupun membagikan artikel yang anda buat.

Kesimpulan:

Masih banyak cara-cara untuk meningkatkan seo pada website ini namun disini saya hanya bisa menjalaskan 10 point untuk selanjutkan insya allah saya tambahkan dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

2 Comments

Ada yang ingin ditanyakan?