Cara Install WordPress Offline Dengan Xampp 2017

Setelah sobat memahami sedikitnya apa itu wordpress sekarang saya akan melanjutkan tutorialnya mengenai cara install wordPress offline dengan xampp. perlu sobat ketahui bahwa wordpress itu salah satu mesin yang mewadahi semua struktur website ataupun blog tanpa sobat semua mengetahui dan mengerti tentang bahasa pemograman php.

cara install wordPress offline dengan xampp

Dengan menginstalnya pun sangat mudah untuk dipelajari layaknya sobat menginstal file berekstensi .exe pada system operation windows sobat tinggal next-next aja. Kali ini kita akan instal wordpress di localhost yaitu dimana web servernya pada komputer kita sendiri.

Apa gunanya WordPress Offline?

Sebelum ke inti sobat harus mengetahui terlebih dahulu pada dasarnya ada wordpress.com yaitu untuk membuat blog dengan garatis tetapi semui fiturnya terbatas dan kita tidak dapat mengelola web sepenuhnya seperti theme, plugin, dll. Tetapi ada juga wordpress yang berbayar, dalam hal ini kita harus membeli domain dan hosting sebagai penyimpanan situs web kita.

Nah jika sobat semua ingin belajar dan memahami struktur web pada wordpress tetapi tidak ingin dulu membeli hosting dan domain maka sobat bisa belajar dengan cara offline yaitu menggunakan software xampp secara gratis.

Bagaimana cara install wordpress offline dengan xampp?

Sebelumnya sobat harus sudah mempunyai software xampp tersebut bisa sobat download disini: xampp dan file wordpress untuk mengintal dalam xampp tersebut. Download WordPress

  1. Instal xampp seperti biasa dan masuk ke directory C:/ disana terdapat folder xampp.
  2. Extract file wordpress tadi dan simpan dalam folder htcdocs pada folder xampp.
  3. Buka xampp, kemudian start pada Apache dan MySQL.control panel xampp
  4. Buka browser sobat seperti google chrome atau firefox. Ketik di adress bar localhost/ phpmyadmin dan Enter.
  5. Klik database/ basis data kemudian buat database baru dengan nama terserah sobat misalnya rezzaid.com dan buat/ create.
    phpmyadmin xampp
  6. Rubah nama folder wordpress yang tadi sobat exstract menjadi nama database seperti contoh saya menggunakan rezzaid.com.
  7. Ketikkan URL dengan localhost/rezzaid.com (nama database dan folder wordpress sobat yang tadi rubah) maka akan muncul pilihan bahasa dan lanjutkan. Kemudian akan terbuka halaman selamat datang dari worpdress lanjutkan lagi.
  8. Isi nama basis data dengan nama rezzaid.com, nama pengguna dengan nama root, untuk Password dikosongi aja. Host basis data isi dengan nama localhost, prefix tabel isi dengan rezzaid.com_. Setelah itu Kirim.tutorial instal wordpress dengan xampp
  9. Setelah itu klik jalankan instalasi seperti gambar dibawah ini. tutorial wordpress dengan xampp
  10. Langkah terakhir yaitu sobat tinggal mengisi semua informasi yang dibutuhkan dalam untuk situs, seperti judul situs, nama pengguna yang berfungsi untuk login nanti berikut juga dengan passwordnya, isi saja nama pengguna dan password dengan admin misalnya. Setelah semuanya diisi sobat tinggal jalankan instalasi dan semuanya beres 🙂tutorial xampp wordpress

Kesimpulan:

Seperti itulah tutorial cara install wordPress offline dengan xampp atau localhost dengan mudah semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat yang ingin belajar dan memahami tentang wordpress lebih jauh lagi tanpa menggunakan koneksi internet. Salam

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?