Beli paket skripsi untuk diskon hari ini
Download Skripsi Download lebih dari 3500 skripsi semua jurusan, cocok untuk referensi.

Cara Install WordPress Dengan Softaculous Tutorial Lengkap

Softaculous merupakan salah satu aplikasi dalam cPanel share hosting yang memungkinkan kita untuk memasang berbagai CMS seperti drupal, joomla, prestashop, dan masih banyak lagi ada 250 lebih CMS yang terdapat dalam aplikasi softaculous itu. Hal yang paling mudah adalah cara install wordpress dengan softaculous di banding dengan pasang secara manual lewat FTP atau upload langsung ke hosting.

Saya disini akan membahas salah satu yang paling populer digunakan dalam dunia blogging yaitu WordPress. Kenapa bisa di bilang paling populer?

data market share CMS 2017

Seperti yang ditunjukan dalam data di atas WordPress menempati persentasi paling besar sejajar dengan drupal yaitu 26%. Saya juga kebanyakan blog dan website menggunakan CMS ini karena fiturnya banyak dan terdapat tutorial wordpress di indonesia dan internasional jadi untuk mengelola website kita jika ada masalah yang terjadi mudah di perbaiki.

Langsung saja kita ke inti dari pembahasan

Cara Install WordPress dengan Softaculous

Bagi yang ingin menerapkan tutorial ini dengan video silahkan lihat video dengan durasi 3 menit.

Versi artikelnya

Pastikan anda sudah memiliki hosting, login ke cpanel dan cari menu softaculous seperti icon yang ditunjukan di bawah

klik icon softaculous installer

Setelah klik icon tersebut anda akan melihat halaman dashboard softaculous cari kategori blog di panel sebelah kiri disana akan ada aplikasi WordPress kemudian klik install now.

Dashboard softaculous, pilih kategori blog sebelah kiri

Keterangan: Disana ada space required 23 MB, pastikan space hosting kalian mencukupi untuk install WordPress ini.

tampilan dasboard wordpress sebelum install

Keterangan yang ada dalam dashboard softaculous

Software Setup

  • Chose protocol: pilihlah protocol website anda jika menggunakan setifikat SSL gunakan HTTPS, sebaliknya jika tida menggunakannya sertifikat SSL cukup pilih HTTP saja.
  • Choose domain: pilih domain yang ingin anda gunakan, sebagai contoh saya disana menggunakan subdomain wordpress.rezzaid.com.
  • In directory: Nah ini hal yang harus diperhatikan, jika anda ingin menggunakan wordpress ini dalam domain utama (root domain) maka hapus atau kosongkan saja. Secara default akan tampil diectory wp.

Site Setting

  • Site name: Nama untuk website wordpress nanti.
  • Site description: Deskripsi untuk website anda.
  • Enable multisite (WPMU): karena ini instalasi sederhana jadi jangan di ceklis saja.

Admin account

  • Admin user: silahkan ganti atau isi dengan user admin yang anda inginkan ini perlu karena ada kaitannya dengan keamasan wordpress untuk login ke back-end wordpress anda.
  • Admin password: begitu juga dengan password.
  • Admin email: biasanya secara default sudah ditentukan namun isi saja sesuai dengan keinginan dan pastikan anda sudah membuat admin emailnya. Ini perlu jika suatu saat anda lupa dengan password yang dipilih bisa reset melalui email ini.

Advance option

  • Database name dan table prefix: Anda bisa menggantinya atau dibiarkan saja secara default karena orang lain tidak akan mengetahui database ini

Setelah itu pilih theme yang langsung eksekusi klik “Install”

tampilan overview setelah install wordpress

Kemudian anda akan dibawa menuju halaman “progress bar” instalasi. Tunggu sampai proses instalasi benar-benar selesai hingga indikator penuh dan menunjukkan angka 100% kira-kira 10 detik sampai indokator penuh.

Setelah bar instalasi penuh, Softaculous akan membawa anda ke halaman Post instalatian Overview. Klik “Return to Overview” untuk kembali ke halaman utama Softaculous.

Selamat, install wordpress anda sudah selesai. Tetapi ada langkah selanjutnya yang tidak kalah penting selain cara install wordpress. Yaitu rajin meng-update posting anda. Anda bisa melihat apa yang harus di posting pertama kali setelah membuat blog/ website dan plugin-plugin yang wajib di install untuk wordpress.

Selamat menggunakan WordPress :).

Itulah sedikit tutorial mengenai cara install WordPress semoga membantu.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?