Cara Daftar dan Memasang Google Analytics 2017

Biasanya seseorang yang baru terjun ke dunia blogging seperti saya pasti ingin mengetahui hasil analisis secara rinci dapat darimana traffic blog kita, visitor per hari bahkan perbulannya berapa. Nah salah satunya yaitu Google Analytic. Sekarang setelah saya praktekan saya ingin membagikan juga kepada kalian yang ingin mengetahui cara daftar serta cara memasang google analytic terbaru baik di blogspot.com ataupun CMS wordpress. Cara kerjanya sama saja kita hanya mendaftar melalui dasboard google analytic kemudian memasukan kode yang di awali dengan UA dan juga bisa memasang dengan kode javascript.

cara daftar dan memasang google analytics 2017

Awalnya saya menggunakan histats.com dan menggunakan plugin jetpack hanya saja setelah saya lihat karena resource hosting saya tidak terlalu besar menggunakan jetpack bisa sampai abis beberapa MegaBytes dan kekurangannya juga tidak bisa secara detail seperti alat analisis lainnya. Satu lagi kenapa saya tidak menggunakan histats? Memang kedua alat analis seperti google analytic dan histats dapat memperlambat loading blog dengan menggunakan javascript external tetapi saran saya pilih satu saja soalnya tahu sendiri kita mendapatkan trafic sebagian besar dari google.co.id dengan begitu saya sarankan menggunakan google analytic saja jangan sampai menggunakan kedua-duanya.

Apa itu Google Analytic?

yaitu alat analisis untuk melacak situs web/ blog yang befungsi untuk mengukur lalu lintas dari pengunjung dengan laporan yang lengkap menurut saya tool analytic ini akurat juga. banyak fiturnya yang telah di sediakan oleh google ini. Mau tau apa saja fiturnya?

Mengapa kamu harus menggunakan google analytic?

Kita lihat dari dashboard beberapa fungsi untuk memberikan hasil laporan lalu lintas dari luar kepada situs web atau blog kita salah satunya new visitor, returning visitor. Selain itu kita bisa melihat berdasarkan demografi, sistem operasi yang dipakai baik sistem operasi mobile maupun personal komputer, yang saya suka adalah dapat melihat dari bahasa mana yang datang kepada web kita menurut persentasi dan wilayah tertentu.

Hal diatas tentunya sebagian kecil keuntungan menggunakan google analytic karena saya sendiri belum terlalu mendalam memperlajari fitur-fitur yang ada dalam tool untuk melacak pengunjung itu. Inshalloh laman ini atau saya akan posting lagi update tentang fitur dan kelebihan menggunakan google web.

Sekarang setelah mengetahui kelebihan dan kenapa harus menggunakan google analytic mari simak dibawah ini cara untuk mendaftar dan memasang tool google analytic di wordpress dan blogspot.

Cara Daftar Google Analytic:

Pertama, kalian harus mempunyai akun gmail terlebih dahulu. Saya yakin kalian sudah mempunyainya silahkan kunjungi laman google analytics.

Sekarang kamu akan melihat halaman login akun google, silahkan masukkan alamat gmail dan passwordnya.

cara daftar google analytic

Setelah kalian mengklik Sign in, silahkan isi informasi untuk website/ blog yang telah di disediakan , Biasanya dengan keterangan “setting up your account” karena disini saya sudah mempunyai beberapa akun blog yang telah didaftarkan jadi keterangannya “new account”, pilih yang Websitenya ya.

cara memasang google analytic terbaru

Keterangan: Kalian bisa memiliki hingga 100 account google analytics dalam satu akun google, 50 sifat situ dalam satu akun google analytics, dan dapat memiliki 25 views dalam satu properti situs.

Scrool browser ke bawah disana akan ada data sharing setting. Biarkan saja semuanya secara default karena itu ada keterangan recomended dan penting untuk analisis pemasaran situs blog kamu nanti.

cara menggunakan google analytic

Setelah kalian mengisi informasi tentang blog/ web kamu, sampai sini kamu sudah mendaftar akun google analytics dan terkahir “Get Tracking ID”.

Bagaimana Cara Memasang Kode Pelacakan Goggle Analytics?

Setelah klik google analytics kalian akan mendapatkan popup google analytics term and service aggrement yang harus disetujui >> Klik I Accept.

cara mendapatkan get tracking google analytics

Kita sudah mendapatkan kode tracking atau pelacakan alat analisis dari google ini dimana terdapat 2 pilihan yaitu tracking ID dan website tracking dengan emasukkan kode <script>. Supaya website dan blog kalian bisa di lacak maka kalian harus menerapkan salah satu kode tersebut ke dalam wordpress atau blogspot kalian. Karena saya disini menggunakan plugin All in One Seo maka cukup menerapkan Tracking ID nya saja di dalam tab plugin tersebut, begitu juga dengan plugin SEO By Yoast mereka sudah memberikan fitur untuk memasang kode pelacakan google analytics di bagian pengaturan pluginnya.

Kalau kalian yang ingin memasang kode nya dengan <script> atau pilihan kedua, maka kamu harus memasukkannya di dalam file header.php pada tema wordpress yang kalian gunakan. Caranya copy script tersebut dan simpan sebelum tag </head>.

Nanti kita bisa melihat statusnya apakah kode pelacakan google analytics tersebut sudah di pasang atau belum lihat sebelah kanan Tracking ID.

Setelah di masukkan kalian bisa test traffic untuk mencoba berhasil tidaknya situs kita di lacak. Ciri-ciri blog dan website sudah dilacak testing traffic tersebut akan redirect ke alamat situs web kalian dan akan ada keterangan 1 active users right now (including 1 from test traffic). See details in real-time traffic reports.

NB:

Cara Memasang Tracking ID di blogspot

  1. Masuk ke dashboard akun blogger kamu.
  2. Pilih Tab Template.
  3. cari kode </head> untuk mempercepat pencarian cari dengan shorcut CTRL+F di browser.
  4. Copy dan paste script analytic tepat di atas kode </head>
  5. Langkah terakhir simpan. Silahkan buka refresh halaman google analytics kalian.

Itulah beberapa cara sederhana tentang cara menggunakan kode palacakan (tracking ID), dan memasang alat tool khusus pelacakan google analytics di blog dan website wordpress kamu. Silahkan dipraktekan jika ada yang kurang mengerti atau belum paham saya siap membantu sebisa saya. 🙂

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?