Beli paket skripsi untuk diskon hari ini
Download Skripsi Download lebih dari 3500 skripsi semua jurusan, cocok untuk referensi.

Apa Yang Harus Diposting Ketika Pertama Kali Membuat Blog?

Ini dia yang wajib dilakukan setelah sobat membuat blog. Sebenernya setiap orang ketika ingin membuat blog atau website pasti sudah merencanakan setidaknya tujuan dasar-dasar seperti menulis, share pengetahuan sesuai dengan keahlian atau keinginannya. Namun disini saya sedikit mengulas yang harus dilakukan saat sobat menulis posting pada blog pertama kalinya.

Apa Yang Harus Diposting Ketika Pertama Kali Membuat Blog?

Saya sudah membuat blog, namun saya tidak mengetahui apa yang harus ditulis dalam posting pada blog yang baru dibuat? Pertanyaan ini memang sering ada dibenak kita ketika sudah membuat blog baru khususnya blogger pemula.

Sebab ketika sudah membuat blog baru kita lupa harus menulis blog tentang apa. Jadi dengan artikel saya kali ini ingin memberikan beberapa tips sederhana dalam membantu menulis di blog yang sangat menyenangkan ini.

Apa yang harus ditulis pada postingan pertama?

  1. Perkenalkan dirimu.

    Hal yang pertama adalah memperkenalkan dirimu dalam postingan ini berguna untuk diketahui oleh para blogger lainnya yang sudah berpengalaman dan diketahui oleh pembaca bahwa siapa penulis blog ini. Ceritakanlah sedikit tentang sobat tentunya dengan cara yang menarik.

    Bicarakan apa yang sobat ingin dilakukan dalam menulis blog, apa yang sobat suka, dimana sobat belajar atau bekerja jika hal ini akan berguna untuk blog sobat. Berikan hal-hal yang penting bagi pembaca blog. Tunjukan perihal diri sobat tetapi tidak berlebihan.

  2. Katakan pada diri sobat mengapa sobat membuat blog.

    Terinspirasi darimana dan apa saja yang mendorong sobat ingin membuat blog dan website. Buatlah deskripsi singkat tentang blog yang akan disebarkan sesuai dengan topik blog yang sobat buat. Katakan apa alasan untuk keberadaan blog ini intinya mengapa sobat membuat blog.

  3. Sobat ingin membuat blog tentang apa.

    Topik merupakan hal yang paling utama, usahakan sobat membuat blog dengan 1 topik sesuai keahlian. Menulis blog dengan banyak topik/ niche akan membuat tujuan sobat setengah-setengah dan memperlambat traffic kunjungan karena banyak topik tidak bagus. Tetapi hal ini tidak salah juga, saya hanya memberikan saran.

  4. Yang terakhir sebutkan keahlian sobat yang akan dishare dalam blog

    Sobat bisa memberitahu alat yang akan digunakan dalam setiap yang akan sobat share. Seperti berisi video, audio, gambar, semacam artikel dalam ebook, istilahnya memanfaatkan setiap tulisan dengan cara sendiri dan berbeda dengan blog yang lainnya.

Kesimpulan:

Saya yakin sobat punya beberapa ide yang akan disampaikan kepada pembaca, tetapi kadang-kadang awal dari memulai blog adalah hal yang sulit.

Saya berharap tips yang saya tulis ini memberikan manfaat untuk para blogger baru sehingga ketika menulis blog pertama tidak mendapat kesulitan. Buatlah posting yang menarik untuk pembaca agar setiap artikel baru pembaca selalu mengunjungi dan menerapkannya. Salam 🙂

Misalnya nih saya sekalian mau ngasih tau juga apa blog ini dan tujuannya untuk apa saya membangun blog dari tahun 2015.

Selain itu saya juga belum memperkenalkan diri kepada teman-teman semua kan? buat apa kita membangun blog tapi tidak mendirikan pondasi blog jangan salah blogger itu sangat erat kaitannya dengan persaudaraan seperti hal nya di dunia nyata relasi itu penting.

Perkenalkan nama saya Rezza Indra Rahayu

Yang pertama saya akan mengenalkan diri, udah ada yang tahu dengan saya? pasti belum kan? Nama saya Rezza Indra Rahayu makanya saya buat domain dengan rezzaid.com juga karena saya butuh emailnya lumayan kan email punya domain sendiri biar agak keren gitu kaya orang-orang professional padahal saya newbie banget hehe.

Untuk selengkapnya tentang blog ini silahkan kunjungi halaman About Us

Mau tahu kenapa saya membuat blog?

Saya membangun blog pada tahun 2012-2014 dimana saya saat itu baru keluar dari salah satu SMK  Negeri di Jawa Barat, saya mengambil jurusan multimedia, awalnya saya diberikan tugas sekolah oleh guru disekolah itu dengan hosting punya google ya kalian pasti tahu kan blogspot.

Waktu itu saya gak punya tujuan untuk apa blog ini dibuat dan belum tahu seperti apa fungsinya blog ini. Ternyata saya pelajari lebih dalam banyak manfaatnya juga terutama untuk orang lain. Kita menyajikan apa yang dibutuhkan oleh orang lain bukannya tugas kita sebagai manusia memberikan manfaat yang bisa membantu orang lain?

Terjun ke CMS WordPress

Pada tahun 2015 saya terjun ke dunia wordpress kenapa? Saya melihat ternyata wordpress banyak kelebihannya dibanding dengan blogspot, yang pertama kita bebas memanajemen hosting dengan meskipun berbayar tapi fiturnya sesuai dengan kepuasan kita. Bagi kalian yang belum tahu wordpress self hosting dan kegunaannya silahkan kunjungi halaman tentang wordpress.org

Lalu blog ini membahas tentang apa?

Maklum saya newbie, itulah yang sering kita dengar kutipan emas dari para newbie seperti saya hehe, bukan merendah tapi benar faktanya. Saya juga baru belajar saya belum terlalu tahu lebih dalam di dunia blogging. Tetapi keinginan saya yang kuat tiap hari belajar otodidak tanpa guru di dunia perblogging.

bagi mastah yang telah baca statement ini dengan senang hati jika ada yang mau belajar bareng atau memberikan arahan kepada saya dan teman-teman biar tidak salah jalan di dunia blogging hehe.

Karena waktu itu saya belum tahu blog itu lebih baik dibangun dengan rencana yang matang, yang saya sebut blogging plan. Apa itu blogging plan? Menurut saya kita harus merencanakan kita mau membangun blog apa dengan tema apa biasanya sering disebut “niche”.

Kembali lagi ke atas maklum newbie jadi saya belum tahu. Blog ini benar-benar berantakan, kenapa? karena semua topik saya bahas disini, emang gak boleh ya? Bukannya gak boleh melainkan lebih baik kita membahas dalam 1 topik dengan terinci atau lebih spesifik lagi.

Misalnya nih kalian punya basic di kesehatan, maka lebih baik bahas itu sesuai dengan keahlian masing-masing. Bukan pembaca doang yang akan suka dengan blog kita, google juga bakalan suka. Google bakalan suka karena penulis dan pemilik blognya orang yang akan bisa dipercaya nantinya, tahu ilmu dan dasar dari blog yang telah dibahas makanya kontenya pun akan berkualitas.

Bayangkan jika kamu punya basic di dunia IT tapi kamu membahas tentang kesehatan. Pasti ilmu yang kita dapat juga dari google kemudian kita rewrite bukan? Saya bukannya ingin menggurui itu cuman saran saya.

Sekarang saya ingin fokus membahas tentang Cara Membuat Blog dengan CMS WorPress dan semua theme atau plugin yang berhubungan dengan WordPress karena ternyata disana lah passion saya.

Selama membangun blog rezzaid.com saya banyak belajar dari sana jadi tahu cara kerja CMS WordPress itu seperti apa, cara membuatnya seperti apa dan masih banyak lagi pokoknya hari-hari yang telah dilalui dengan belajar seputar blogging dengan hosting ini.

Nah sampai juga nih di pembahasan terakhir.

Karena saya punya basic multimedia dan yang berhubungan dengan IT. Meskipun saya kuliah bukan di teknik informatika, tetapi disanalah ternyata passion saya sudah bangun dari tidurnya. Meskipun dengan keahlian ini belum bisa menghasilkan akan tetapi jalan  yang saya jalani ini dengan senang hati dan tanpa bosan dari tahun ke tahun makanya saya hanya akan membahas tentang tutorial wordpress, plugins wordpress, dan theme wordpress untuk kalian teman-temanku yang ingin belajar membangun sebuah web komersial ataupun blog pribadi dengan mudah dan biayanya terjangkau cukup beli domain dan hosting 200rb juga sudah cukup bagi yang baru mau belajar.

Itulah sedikit perkenalan dari saya untuk mencoba memberikan penjelasan tentang apa saja sih yang harus di posting ketika pertama kali membuat blog.

Yang terakhir bagi teman-teman yang ingin memperkenalkan dirinya dari tahun berapa menjadi blogger, dan apa tujuan membangun blog kalian silahkan kotak komentar terbuka saya tunggu ya kita bangun relasi bersama-sama. 🙂

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

35 Comments

Ada yang ingin ditanyakan?