Beli paket skripsi untuk diskon hari ini
Download Skripsi Download lebih dari 3500 skripsi semua jurusan, cocok untuk referensi.

Apa itu SEO? Pengertian dan Definisi SEO Untuk Pemula

Seharusnya dalam artikel tentang apa itu seo? tutorial dan pengertian SEO ini diposting di awal postingan saya dalam kategori SEO tetapi tidak masalah juga kan daripada lebih terlambat :p. Sebagian besar para blogger dan neter pasti sudah dengar istilah SEO yang merupakan bertujuan untuk menjadikan website atau suatu blog berada diperingkat tinggi mesin pencari yang ditargetikan melalui sebuah kata kunci. SEO singkatan dari Search Engine Optimization dimana isinya semua tentang cara mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari, SEO adalah teknik untuk:

  1. Meningkatkan kualitas dan volume lalu lintas ke situs web dari mesin pencari lewat keyword.
  2. Salah satu teknik marketing dengan memahami segala algoritma bagaimana sebuah mesin pencari itu bekerja dan apa yang sedang netter cari dalam mesin pencari seperti google.
  3. Mengembangkan dan merancang situs web dengan sesuai algoritma yang ada untuk memberikan peringkat dalam hasil mesin pencari.

Sejarah SEO (Search Engine Optimization)

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

apa itu SEO pengertian dan definisi seo

Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari#Sejarah

Apa itu SEO, pengertian, dan Definisi SEO?

SEO (Search Engine Optimization) merupakan bagian dari pemasaran mesin pencari. SEO juga seringkali disebut dengan kata SEO Copywriting. Kenapa? Karena sebagian besar teknik yang digunakannya kebanyakan berurusan dengan teks. Misalnya ketika sobat mencari sesuatu dalam mesin pencari contoh dengan kata kunci SEO Bagi Pemula, maka mesin pencari akan menampilkan semua situs yang membahas tentang SEO bagi pemula, begitu juga dengan yang lainnya. Gimana sobat mengerti? kalau belum paham saya akan menjelaskannya lebih detail dibawah ini. Sobat juga bisa mengetahui arti search engine optimization menurut wikipedia.

Contoh Teknik SEO

Saya mengambil contoh dengan keyword “tutorial RezzaID” tentu saja situs web tersebut sudah dioptimasi dengan teknik SEO pada halaman situs bukan untuk artikel maka yang tampil seperti gambar dibawah ini.
Apa itu seo? pengertian dan definisinyaDengan contoh diatas saya rasa sobat semua sudah sedikit mengerti apa makna dari kata Search Engine Optimization.

Harus sobat ketahui jika sobat ingin belajar teknik SEO sangatlah penting bahwa sobat harus memahami bagaimana mesin pencari itu bekerja, dari tahun ke tahun biasanya mesin pencari diupdate sesuai ketentuannya untuk memperbaiki hasil yang lebih baik maka dari itu jangan sampai sobat ketinggalan dengan semua informasi terbaru mengenai proses mesin pencari itu.

Bagaimana cara bekerja mesin pencari?

Mesin pencari seperti google, bing, yahoo melakukan beberapa fungsi dalam memberikan hasil pencarian dengan keyword yang telah ditentukan. Selain itu berikut saya akan jelaskan apa saja kinerja yang dilakukan search engine tersebut:

  • Crawling, yaitu proses mengambil semua halaman web yang terkait dalam sebuah situs tersebut, tugas ini biasanya dilakukan oleh perangkat lunak atau software yang disebut crawler/ spider atau googlebot yang dinamakan di mesin pencari google.
  • Indexing, yaitu proses menciptakan index dalam semua halaman situs kemudian diambil dan disimpan dalam database raksasa dimana nanti bisa diambil kembali ketika seseorang mencari keyword atau halama tertentu. Pada dasarnya indexing adalah mengindex semua teks/ link dan data yang ada dalam sebuah situs.
  • Retrieving Result, yaitu mengambil hasil yang paling baik dan cocok kemudian akan ditampilkan dalam browser seuai dengan urutan peringkat SEO yang paling baik.
  • Calculating Relavancy, merupakan menghitung yang relavan lebih dari satu yang akan ditampilkan oleh serach engine dalam setiap halaman yang diindex.
  • Processing, dimana ketika datang permintaan pencarian mesinpencari tersebut melakukan proses dengan perbandingan hitungan yang relavan dalam database dan dilihar dari beberapa faktor optimasi SEO yang terbaik.

Biasanya mesin pencari raksasa seperti google, bing dan yahoo sering melakukan perubahan algoritma yang baru, sehingga ketika situs atau artikel yang sobat muat dalam mesin pencari selalu naik atau bahkan menurun itu disebabkan oleh perubahan algortima tersebut yang memungkinkan perubahan besar dalam setiap relavansi algoritmik. Maka dari itu mempelajari SEO harus dengan kemauan yang besar dan tentunya konsisten karena jaman dulu dengan sekarang algoritma mesin pencari suka berubah-rubah tidak heran jika halaman naik turun.

Setelah itu mungkin sobat bertanya-tanya tadi saya menyebutkan Copywriting, apakah sobat sudah mengetahuinya?

Apa itu SEO Copywriting?

Kebanyakan blogger tidak mengetahui tentang masalah ini apalagi blogger pemula seperti saya, sebelum sobat belajar seo hal ini wajib sobat ketahui. SEO Copywriting merupakan cara dan salah satu teknik menulis teks dengan memadukan SEO Onpage agar hasilnya menunjukan apa yang sobat tulis itu benar-benar bagus seperti mudah dibaca dan dipahami oleh setiap pembaca tetapi asal sobat ketahui bahwa seorang seo copywriting ini berbeda dengan penulis artikel yang mahir sekalipun penulis buku, terdapat beberapa perbedaan silahkan
baca: Rahasia menulis artikel SEO bukan berarti jago menulis seperti penulis buku atau artikel fisik.

SEO copywriting biasanya mengoptimalkan unsur-unsur kata kunci yang ditargetkan dalam setiap judul, deskripsi, kata kunci tag, dan teks alternatif. Dibawah ini screenshoot yang saya optimasi dengan terget kata kunci “SEO”

pengertian seo copywriting

 

Setelah sobat tahu tentang SEO copywriting ada istilah lain tentang apa itu seo dan jenis berikutnya yaitu search engine rank. Search Engine Rank adalah jumlah ranking yang dihasilkan dalan mesin pencari, hasil tersebut sudah disimpan dalam database yang menampilkan rubuan bahkan jutaan halaman yang terindex. Jika mesin pencari menempatkan halaman sobat dalam posisi 1 maka itu dianggap halaman situs sobat peringkat ke 1 dan untuk melakukan itu semua tidak mudah dengan banyak kompetitor yang juga bertujuan sama.
Baca: Cara agar blog berada diposisi satu mesin pencari google

Apa saja dasar SEO?

Dasar SEO untuk mengoptimalkan situs dan halaman web yaitu ada 2, SEO On-page dan SEO Off-page. Mari kita bahas satu bersatu dengan singkat.

1. On-Page SEO

Untuk para pakar SEO mendengah hal ini sudah tidak familiar lagi, tetapi untuk para blogger yang ingin memulai belajar hal ini aneh terdengar ditelinga sobat, On page seo adalah salah satu teknik mendasar untuk mengoptimisasi halaman situs termasuk menyediakan konten yang baik, pemilihan kata kunci yang baik dan selektif, mempatkan kata kunci yang benar, memberikan judul yang tepat dalam setiap halaman, dll. Dalam teknik on page seo ini ada beberapa yang wajib sobat terapkan, diantaranya:

  • Title tag.
    Yaitu seperti judul posing tetapi bisa berbeda ketika diedit sesuai dengan kemauan sobat. title tag ini adalah judul yang akan ditampilkan oleh mesin pencari seperti pada gambar diatas yang pertama ada berupa title tag “Cara tutorial WordPress, SEO, Mendapatkan Uang Gratis“.
  • Meta Description.
    Yaitu menampilkan keterangan deskripsi pada mesin pencari, secara default deskripsi ditampilkan berdasarkan dari teks atau kalimat artikel sobat. Contohnya seperti pada gambar yang pertama juga ada kalimat deskripsi “Salah satu blog tentang tutorial wordpress, SEO, Ruby on Rails, komputer, belajar teknologi internet, sharing diharapkan memberikan…“. Kalimat deskripsi ini menampilkan 150 – 160 kharakter pada mesin pencari google jika lebih maka akan ada titik-titik seperti pada contoh diatas.
  • URL (Uniform Resource Locator).
    Yaitu alamat lokasi suatu halaman yang akan diindex oleh mesin pencari, digunakan untuk menunjukan alamat sumber link artikel atau gambar ataupun file data lainnya. Contohnya http://rezzaid.com/apa-itu-seopengertian-dan-definisi-seo-untuk-pemula. Jangan salah bahwa URL ni berpengaruh pada Search engine optimization, gunakanlah setiap URL mengandung kata kunci seperti yang diblock berwarna kuning.
  • Heading (H1, H2, H3, H4).
    Yaitu kumpulan kata yang menjadi sebuah judul atau subjudul denga format terntentu. Memiliki tingkatan yang berbeda-beda biasanya terdapat 6 Heading yaitu H1, H2, H3, H4, H5, dan H6. Dari mulai H1 yang terbesar dan berikutnya sampai terkecil H6.
  • Image ALT.
    Gunakanlah setiap sobat memberikan gambar pada artikel atau halaman dengan atribut ALT, ALT inni berbeda dengan judul/ nama gambar. Gunakan atribut ALT dengan keyword yang sobat targetkan. Kalau menggunakan wordpress biasanya dalam gambar terdapat berupa judul gambar, ALT gambar, Keterangan, dan deskripsi gambar. Dan yang terakhir,
  • Link to Authority Site.
    Yaitu link yang menjadikan referensi ke situs dengan autoritasnya sudah besar dan terpercaya. Apakah sobat menyadari dalam artikel ini saya memberikan link ke situs terpercaya pada paragraf sebelumnya seperti google, bing, yahoo, dan wikipedia. Ini sebagai contoh saja diluar sana banyak sekali situs-situs yang terpercaya lainnya.
    Bagaimana cara mengetahui situs yang sudah besar dan dipercayai mesin pencari? Mudah saja jika sobat menemukan situs dengan Pagerank tinggi lebih dari 7 maka bisa dikatakan bahwa situs tersebut sudah mendapatkan julukan authoruty site atau dipercayai oleh mesi pencari.

2. Off-Page SEO

Off page search engine optimization merupakan teknik yang berikutnya untuk mengoptimisasi sebuah halaman situs tetapi dari luar halaman itu sendiri. Biasanya menggunakan backlink atau yang mereferensikan link halaman sobat di halaman orang lain.

Dengan banyak backlink pada halaman situs kita maka bisa dikatakan bahwa situs kita banyak memberikan manfaat tersendiri, google sangat menyukai backlink yang berkualitas. Apa itu backlink berkualitas? adalah backlink yang dari situs authority yang sudah dipercaya dan ber-pagerank tinggi seperti youtube, sosial media facebook, twitter, situs edu, gov, dan masih banyak lagi.

Nah setelah sobat tahu Apa itu SEO? Pengertian dan Definisi SEO Untuk Pemula apakah siap untuk tahu lebih dalam? tunggu artikel saya selanjutnya dengan membahas hal yang sama dalam mengoptimalkan situs web dan blog sobat. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat salam 🙂

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

One Response

Ada yang ingin ditanyakan?