Beli paket skripsi untuk diskon hari ini
Download Skripsi Download lebih dari 3500 skripsi semua jurusan, cocok untuk referensi.

Apa itu Algoritma Fred? PBN Terkena Dampaknya – Hati-hati!

Selama akhir pekan ini google merilis algoritma fred dan ini membawa dampak terhadap blog tertentu, jadi sebenernya apa itu algoritma fred?apa itu algoritma fred dan cara mengatasinya

Google merilis update terbaru alrgoritma dari terdahulunya yaitu panda dan penguin/ hummingbrid, tentunya sangat mengguncang dunia blogging di bulan maret ini. Sebagian blog banyak yang menurun drastis terhadap posisi di google engine. Namun ada juga yang mengalami kenaikan traffic yang signifikan.

Apa itu algoritma freed?

Banyak pakar SEO diluar sana yang disibukkan mencari info tentang algoritma freed ini, algoritma freed sendiri ternyata di rilis update terbaru yang memiliki tujuan lebih dalam lagi berbeda dengan alrgotima lainnya yaitu untuk lebih berfokus ke link internal dan external.

Apakah link tersebut merujuk ke dalam link berkaitan atau tidak? Jika misalnya kita sering melihat beberapa blog yang memiliki kata baca juga, dalam posting tersebut membahas seputar tutorial blog namun link baca juga malah mengarah ke tutorial gadget. Hal itu tidak berkaitan dan ini akan dianggap tidak relavan.

Menurut informasi dari beberapa forum luar nama fred diusulkan oleh salah satu karyawan google yaitu bernama Gary Illyes.

Siapa Gary Illyes?

siapa itu gary illyes

Sumber google

Kita bahas sedikit profil Gary illyes, ia seorang karyawan yang didedikasikan khusus untuk meningkatkan kualitas search engine agar menciptakan pengalaman yang lebih baik lagi bagi pengguna google. Gary Illyes bergabung dengan google pada tahun 2011, sebelumnya ia mengajar sebagai jurnalis online di Rumania dan berbagai belahan dunia lainnya. Ia adalah seorang konsultan teknis untuk beberapa perusahaan media online dan sering menghabiskan waktu luangnya di forum online membantu webmaster memecahkan masalah web dan yang berkaitan dengan SEO.

Benarkah mesin pencari raksasa ini update algoritma dengan nama fred?

Seperti update algoritma terdahulu bahwa google membantah atau tidak mengkonfirmasi dengan adanya algoritma fred ini, dari dulu juga google tidak menyatakan secara resmi mengumumkan update algoritma.

Google di masa lalu telah menyatakan bahwa perusahaan tidak akan mengumumkan secara resmi mengenai update algoritma ini karena algoritma diperbarui secara teratur, bahkan mungkin juga setiap hari mereka melakukan pembaruan. Namun Gary Illyes membalas sebuah tweet kepada @rustybrick, @i_praveensharma dan @JohnMu bahwa pembaruan mulai dari sekarang di beri nama fred.

tweet gary ilyess tentang algoritma fred

techwyse

Apakah blog Anda terkena dampaknya dengan adanya algoritma freed ini?

Teman-teman saya dan beberapa orang saya lihat di facebook mengatakan mereka banyak menurun drastis dikarenakan pembaruan yang terjadi kali ini. Coba anda lihat traffic akhir-akhir ini menurun atau tidak? Menurut kesimpulan saya sendiri beberapa blog yang menurun ada kaitannya dengan kualitas backlink dan link internal dalam postingan, apalagi dengan teknik PBN. Tapi saya juga belum tahu betul benar tidaknya ini hanya asumsi.

Bagaimana cara mengatasi adanya algoritma fred?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya google belum mengatakan secara resmi mengenai algoritma fred seperti apa yang mereka update untuk mesin pencari. Mungkin terlalu cepat untuk memberikan tips secara detail tentang bagaimana agar blog maupun artikel kita yang sudah berada di page one dapat menjaga performa dan peringkatnya di SERP.

Saya sendiri dengan adanya algoritma fred ini tidak membawa dampak apapun, yang ada malah meningkat 100%. Maaf saya tidak bisa screenshoot lalu lintas blog rezzaid karena traffic blog ini masih bisa dihitung jari (hiks..). Namun kita harus tetap berpegang teguh terhadap tips-tips yang sudah dijelaskan di berbagai forum maupun blog pakar SEO, apa saja itu?

  • Lebih baik kualitas daripada kuantitas: kualitas backlink jauh lebih penting daripada kuantitas jumlah link. Hal ini tentunya dengan secara alami.
  • Hindari link piramyda / tukar link / link dengan sistem membayar. (Google punya seribu cara untuk mengetahu suatu backlink).
  • Tentunya kita sudah tahu tidak diperbolehkan menggunakan autobot/ alat otomatis untuk membuat backlink. Misalnya autobot komentar.
  • Anchor text diversity: membangun anchor text secara alami yang memiliki nama brand, kata kunci, naked URL, bisnis keyword, dan lainnya.

Saya menemukan salah satu tips untuk mengatasi algoritma fred bagi pengguna PBN, percaya atau tidak namun hal ini bukan menjadi sebuah solusi. Bisa dibilang justru lucu sekali. Lihat gambar di bawah ini:

tweet lucu tentang algoritma fred

Sumber techwyse

Di facebook yang bernama Jane memberikan saran kepada pengguna blog yang membangun link dengan PBN (Private Blog Network), untuk mengatasi adanya algoritma fred hanya menambahkan kode user-agent: * (Disallow: Fred) dalam file robots.txt terhadap setiap blog PBN yang telah di buatnya. Dan katanya sudah di test dan work. Saya sendiri bukan pengguna PBN jadi belum tahu betul benar atau tidaknya.

Memang sebegitu mudahnya mem-block algoritma perusahaan raksasa ini?

Silahkan anda coba sendiri.

Selama beberapa minggu ke depan kita akan melihat klarifikasi-klarifikasi mengenai dampak algoritma fred ini. Mudah-mudahan blog kita tetap aman dari berbagai pembaruan algoritma google. Yang pasti kita tetap berfokus terhadap kualitas konten, jangan terus memikirkan SEO.

“SEO IS BULSHIT”

Yang menilai konten kita bukan algoritma google, namun pengguna blog itu sendiri. Mereka puas tidak dengan informasi yang kita berikan, kalau puas mereka tidak akan kemana. Pasti akan balik lagi mengunjungi blog kita.

Itulah sedikit penjelasan mengenai adanya update bernama algoritma fred, ini hanya asumsi boleh percaya atau tidak. Setiap orang memiliki argumentasi berbeda-beda. Jika anda seorang blogger ingin memberi masukkan silahkan kotak komentar terbuka untuk siapapun dan apabila ada penjelasan saya yang salah mohon kritik dan saran karena saya bukan ahli seo atau pakar seo.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

2 Comments

Ada yang ingin ditanyakan?