Apa Itu Plugin WordPress dan Kegunaaan Plugin WordPress

Pada dasarnya berbicara mengenai apa itu plugin wordpress dan kegunaan plugin wordpress itu banyak definisi dengan arti yang sama. plugin merupakan salah satu yang paling penting dan harus diketahui bagi seorang pengguna wordpress karena inilah fitur yang akan dipakai untuk blog sobat. plugin juga berfungsi untuk meningkatkan fungsionalitas tersendiri yang ditanamkan dalam setiap blog wordpress.

apa itu plugin wordpress dan kegunaan plugin wordpress

Banyak miliaran plugin yang terdapat dalam wordpress itu ada plugin yang free dan ada juga plugin yang premium yaitu berbayar tentunya versi preiumakan banyak mendapatkann fitur yang tidak ditemukan dalam versi gratis. Nanti insya allah saya kan share plugin-plugin apa saja yang harus ditanamkan dalam blog wordpress sesuai dengan fungsinya. Bahkan ada plugin yang wajib diaplikasikan kedalam blog wordpress misalnya untuk meningkatkan seo atau untuk meningkatkan fungsi-fungsi sesuai kenginan sobat.

Apa itu plugin WordPress?

Plugin WordPress adalah sebuah aplikasi program tambahan yang dapat diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum ada pada instalasi standar, bisa disebut juga sebuah atau seperangkat program aplikasi tambahan yang berisi fungsi script dalam bahasa PHP yang memberikan fitur-fitur atau layanan yang spesifik untuk meningkatkan fungsi dalam penggunaan blog wordpress, yang dapat digabungkan dengan blog menggunakan akses poin dan metode yang disediakan oleh wordpress.

Setelah sobat mengetahui pengertian plugin wordpress mari simak dibawah ini beberapa kegunaannya.

Sebagai administrator pada pemilik wordpress sobat semua bisa menambahkan atau menghapus plugin tersebut istilahnya instal/uninstal dengan mudah, sobat juga bisa mendownload dan memasangkannya secara manual bisa dengan cara transfer via FTP ataupun langung via cPanel hosting dengan syarat file plugin telah didownload dalam situs penyedianya.

Plugin ini bisa secara bebas sobat tinggal searching dan pilih mana yang dibutuhkan tetapi perlu sobat catat bahwa penyedia plugin tidak menawarkan dengan dukungan teknis, untuk itu sobat perlu hati-hati ketika ingin menginstal plugin yang akan diterapkan meskipun secara umum plugin tersebut dapat dilakukan hampir sama dengan fungsinya tapi dibalik itu biasanya ada plugin yang lebih berkualitas daripada itu.

Dalam hal ini sobat semua harus mencari informasi terlebih dahulu apakah plugin tersebut dapat diupdate setiap minggunya, apakah plugin kompatibel dengan versi wordpress sobat, berapa rating dan seberapa banyak orang lain menggunakan plugin tersebut.

Banyak yang bilang bahwa memasang plugin terlalu banyak akan memperlambat loading situs sobat, padahal menurut saya itu tidak berpengaruh. meskipun homepage situs dengan size 3MB ada banyak yang kecepatan situsnya cepat.

Kegunaan plugin wordpress?

  • Dapat mendukung fitur yang belum terlihat oleh para pengguna wordpress.
  • Dapat memungkinkan pihak ketiga membuat tambahan kemampuan pada aplikasi wordpress.
  • Dapat memisah kode sumber karena tidak kompatibel dengan software yang berlisensi.
  • Dapat mengurangi ukuran aplikasi wordpress, dll.

Bagaimana instal plugin wordpress?

Setelah sobat memikirkan plugin apa saja yang ingin ditanamkan dalam wordpress kita tentunya sobat sudah mempunyai rencana termasuk apa fungsinya plugin yang dimaksud. Untuk ini saya akan memberikan tutorial cara instal plugin pada wordpress dengan mudah. Tunggu artikel saya selanjutnya.

Kesimpulan

Bahwasannya plugin itu adalah salah satu pelengkap yang banyak fungsinya tersendiri sesuai kebutuhan sobat dalam mengelola blog dengan mesin wordpress ini, disamping itu saran saya sesuaikan kebutuhan plugin jangan terlalu banyak menggunakan plugin jika ingin coba-coba gunakan dalam blog dummy.

Soalnya setiap menginstal plugin suka ada file-file yang tidak semuanya terhapus dalam database kita dengan ini akan lebih memakan banyak resourse disk space sobat. Gunakanlah seperlunya usahakan jika fungsinya sama carilah terlebih dahulu script tanpa plugin.

Semoga artikel Apa itu plugin wordpress dan Kegunaaan Plugin WordPress ini bermanfaat bagi sobat semua. Salam 🙂

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

Ada yang ingin ditanyakan?