4 Tool Cara Mengetahui Jumlah Backlink Suatu Blog

Menjelaskan tentang cara mengetahui jumlah backlink suatu blog/ kompetitor merupakan salah satu tips yang paling penting dalam link building dan melihat seberapa banyak backlink berkualitas yang tertanam dalam website atau blog kompetitor kita. Backlink adalah salah satu yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan SEO website mulai dari backlink dofollow, nofollow, berkualitas, maupun yang tidak berkualitas. Diluar sana banyak yang memberikan tutorial untuk mengetahui jumlah backlink kita baik itu berbayar ataupun tidak berbayar namun disini saya kan share 4 tool yang harus kita pahami untuk para webmaster.

cara mengetahui backlink blog

Kenapa harus mengetahui jumlah backlink kita atau kompetitor?

spying atau mengintip backlink kompetitor adalah suatu hal yang perlu diperhatikan oleh para webmaster dan pakar SEO yang berguna untuk melihat potensi dan prospek kelebihan kompetitor dan bisa dijadikan sumber backlink untuk dicari dan ditanamkan dalam website kita. Ketika kompetitor memiliki backlink berkualitas dan kuantitasnya banyak maka akan menurut sulit untuk mengalahkan peringkatnya. Inilah salah satu trik dengan mengetahui jumlah backlink kompetitor tidak menutup kemungkinan kita akan mengalahkannya.

Lalu bagaimana cara melihat jumlah backlink suatu blog dan kompetitor kita?

4 tool inilah yang akan saya jelaskan dan bermanfaat untuk sobat yang sedang mencari dan ingin mngetahuinya. Tool ini menurut saya cukup akurat yang sering saya gunakan. Kenapa pakai 4 tool? tidak cukup 1 saja ya? Iya untuk melihat keakuratan suatu tool saya menambahkan sebagai penunjang agar kita yakin dalam melihat backlink ini apakah benar-benar segitu jumlahnya atau hanya asal-asalan saja. Berikut 4 tool dalam cek jumlah backlink blog:

  1. Google Webmaster Tool
  2. Ahrefs Site Explorer & Backlink Checker
  3. WebMeUp backlink Tool
  4. Majestic SEO : Backlink Checker & Site Explorer

Google Webmaster Tool

cara mengetahui backlink google webmaster tool

Saya rasa semua blogger mengetahui tool ini, ini adalah tool dari google untuk mengoptimasi suatu situs selain itu google webmaster tool ini juga bermanfaat untuk mengetahui jumlah backlink dan sangat akurat dari tool-tool pada umumnya, tetapi kelemahannya kita tidak bisa mengetahui jumlah backlink kompetitor kecuali kita mempunya akun dan bisa masuk dengan akun kompetitor kita.

  1. Caranya cukup mudah sobat semua sobat tinggal masuk ke halaman dashboard Google Webmaster Tool kemudian mengklik url blog yang ingin sobat cek backlinknya.
  2. Lihat di samping kiri, ada beberapa menu dan submenu untuk mengoptimalkan situs sobat, tetapi di artikel ini kita hanya butuh cek backlink, silahkan klik SEARCH TRAFFIC kemudian klik pada submenu Links To Your Site.
  3. Lihat dibawah Total Links, itu adalah jumlah total backlink blog sobat.

Who Links the most adalah situs yang melakukan link ke situs sobat entah sitewide maupun not sitewide, yang berdomain maupun masih gratisan, semua akan dimasukkan ke dalam data tersebut. Ada domains, Links, dan Linked Pages.

  • Domains adalah situs yang melink ke situs sobat.
  • Links adalah jumlah link yang di link oleh situs.
  • Linked Pages adalah jumlah halaman yang di link oleh situs.

Your Most linked content adalah halaman yang di link oleh situs yang ada di who links the most. Ada Your Pages, Links, Source domains.

  • Your Pages adalah halaman yang di link oleh situs.
  • Links adalah total link yang diarahkan ke halaman situs sobat.
  • Source domains adalah jumlah domain yang melink ke halaman situs sobat.

How Your data is linked adalah bentuk anchor text yang dipakai dalam backlink. Ada banyak sekali anchor text yang dipakai backlink ke situs sobat.

Kenapa total links saya masih No Data?
Itu karena blog sobat masih baru, jadi data dari google belum dimasukkan ke dalam Google Webmaster Tool ini, tunggu saja nanti pasti akan ada nilai jumlah backlinknya.


Ahrefs Site Explorer & Backlink Checker

cara cek backlink ahref

Situs backlink checker ini menyediakan versi gratis dan berbayar dipastikan versi berbayar mempunyai faisilitas yang lebih lengkap fiturnya misalnya jika menggunakan yang gratisan sobat semua hanya bisa menggunakan 5 fitur saja sedangkan untuk yang versi berbayar memberikan fitur yang lebih komplit yaitu lebih dari 5 opsi yang ditampilkan.

  1. Silahkan masuk ke https://ahrefs.com/, sebaiknya daftar ke situs ini terlebih dahulu, saya yakin sobat pasti tau caranya.
  2. Setelah daftar, kembali lagi ke halaman depan situs ini, ada kolom untuk memasukkan url blog sobat, silahkan masukkan url blog sobat kemudian klik TRY IT FOR FREE
  3. Nah, yang sobat lihat adalah data backlink dari blog yang sobat cek.. Berikut ini adalah fungsi tiap parameter-parameter yang tersedia.

REFERRING

  • Domains: Parameter ini akan menampilkan jumlah domain yang me-link ke situs sobat, semakin banyak domain yang melink, maka semakin bagus juga backlink yang sobat dapat, apalagi jika backlink yang sobat dapat dari blog yang authority dan sudah memenuhi kriteria backlink berkualitas.
  • New: Sama seperti diatas, tapi ini adalah bagian yang menampilkan jumlah situs yang baru saja melink dan sudah menempel ke situs sobat.
  • Lost: Antonim dari New, bagian ini menampilkan jumlah situs yang hilang dan sudah tidak melink ke situs sobat.
  • IPs: Istilah dari IP atau internet protocol, IP ini berguna untuk menaturalkan backlink yang sobat dapat dan juga berfungsi agar IP yang sudah terblokir oleh suatu situs bisa sobat ganti dengan IP yang lain, ini namanya Proxy yaitu menyembunyikan Ip asli kita.

BACKLINKS

  • External: ini adalah parameter yang akan memberikan data tentang semua backlink sobat.
  • New: parameter yang berisi tentang data backlink sobat yang baru terindeks dan sudah menempel di blog sobat.
  • Lost: Kebalikan dari New, bagian ini akan menampilkan data backlink yang sudah hilang dari blog sobat, bisa jadi karena pemilik situs sudah menghapus link sobat.
  • Anchors: Istilah dari Anchor Text atau teks jangkar, bagian ini akan menampilkan anchor text yang digunakan dalam backlink sobat. Semakin banyak anchor text maka semakin natural juga backlink sobat menurut google.

OTHER

  • Top Pages: ini adalah parameter yang berguna untuk menampilkan semua halaman yang di link oleh situs lain, entah itu ke homepage maupun halaman artikel situs yang dicek.
  • Linked Domains: menampilkan halaman artikel sobat yang melink ke halaman lain, entah itu situs sobat sendiri maupun situs luar atau Outbound Link.

EXPORT

  • Csv: Fungsi bagian ini adalah untuk mendownload data-data ke dalam format CSV.
  • Pdf: Sama seperti CSV, bagian ini juga untuk mendownload data-data tetapi ke dalam format PDF.
  • Dan yang ada dibagian tengah, sobat bisa lihat bahwa ada data-data yang langsung ditampilkan, seperti..
  • Url Rank: Saya tidak begitu tahu bagian ini fungsinya untuk apa..
  • Ahrefs Domain Rank: Ini adalah rank domain yang ditentukan oleh ahrefs.
  • Backlinks: Jumlah backlink blog sobat yang sudah terindeks oleh ahrefs
  • Referring Domains: Sudah saya jelaskan diatas, parameter ini berguna untuk menampilkan jumlah domain yang me-link ke situs sobat.
  • Referring Pages: Data yang berguna untuk menampilkan jumlah semua halaman dari situs luar yang melink ke situs sobat.
  • Crawled Pages: Halaman situs sobat yang sudah di crawl oleh ahrefs.
  • Governmental: Jumlah situs GOV yang melink ke situs sobat.
  • Educational: Jumlah situs EDU yang melink ke situs sobat, jika sobat tidak tahu, Edu adalah ekstensi domain luar negeri dan kebanyakan situs EDU adalah situs sekolahan. Kalau di Indonesia adalah ac.id dan sch.id
    .Com: Jumlah situs berdomain .COM yang melink ke situs sobat.
  • Text: Backlink yang sobat dapat dalam bentuk teks.
  • Dofollow: Backlink yang ada pada blog sobat yang bersifat Dofollow.
  • Nofollow: Kebalikan dari dofollow, bagian ini menampilkan semua backlink sobat yang beraliran nofollow.
  • Sitewide: Kebanyakan backlink ini didapat dari sidebar blog orang lain.
  • Not sitewide: Ini adalah hampir semua jenis backlink yang didapat bisa masuk ke data not sitewide.
  • Redirect: Jenis backlink yang sobat dapat dari redirect.
  • Image: Backlink yang berupa gambar

Sobat bisa pelajari tiap bagian-bagiannya dan kemudian jika sobat sudah ahli, sobat bisa gunakan tool ahrefs ini untuk mengintip backlink kompetitor sobat atau backlink blog orang lain.


WebMeUp backlink Tool

cara mengetahui backlink webmeup

Tool yang satu ini kurang populer tetapi kualitas untuk mengecek backlink cukup jitu menurut saya dan paling lengkap sehingga hasil cek tersebut bisa sobat donwload baik dari dari kita maupun situs kompetitor sehingga bisa sobat pelajari apa saja yang ditanamkan oleh backlink kompetitor dan bisa diterapkan oleh kita. Berikut saya jelaskan bagaimana cara mengeceknya:

  1. Kunjungi Situs ini : http://webmeup.com
  2. Setelah itu Join disana dengan klik sign up.
  3. Masukan data – data yang diminta.
  4. Setelah terdaftar, silahkan login : lalu pastekan website kompetitor dikolom : Check Backlinks
  5. Setelah datanya tersedia, sobat bisa mendownloadnya ke file excel
  6. Setelah terdownload silahkan sobat pelajari, backlink yang ditanaman oleh kompetitor sobat, lalu coba untuk mengikutinya.

Majestic SEO : Backlink Checker & Site Explorer

cara mengetahui backlink majesticSitus ini sama seperti ahrefs, yaitu menyediakan versi gratis dan berbayar. Majestic SEO merupakan salah satu situs yang digunakan oleh webmaster untuk mengecek domain yang akan dibeli nya. Situs ini menyediakan data-data berupa URL Information dan Link Profile.

URL INFORMATION

  • External Backlinks: Menampilkan jumlah keseluruhan backlink blog sobat yang terindeks oleh MajesticSEO.
  • Referring Domains: Jumlah domain unique yang melink ke situs sobat.
  • Referring IPs: Menampilkan jumlah IP yang sobat gunakan untuk membangun backlink.
  • Referring Subnets.

LINK PROFILE

  • Trust Flow : tingkat kepercayaan dari situs yang melink ke situs kita.
  • Citation Flow : seberapa banyak situs yang melink ke sobat dengan bobot yang berbeda pada tiap-tiap halaman.

Kesimpulan

Mungkin itulah 4 tool Cara Mengetahui Jumlah Backlink Suatu Blog yang bisa saya share disini dalam mengecek dan mengetahui jumlah backlink situs blog sobat maupun situs kompetitor secara akurat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam mengintip backlink blog kompetitor dan menjadikan backlink ini sebagai optimasi SEO sobat.

Note: Karena artikel-artikel ini panjang maka di bagi beberapa bagian/ halaman. Silahkan untuk melihat artikel lanjutan-nya klik halaman 2 3 4 atau next di atas ini.

52 Comments

Ada yang ingin ditanyakan?